Minum Kopi Bisa Turunkan Risiko Diabetes hingga Kanker Prostat

Redaksi Senin, 2 Agustus 2021 17:00:51
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Siapapun tahu, bahwa minuman yang paling populer di dunia adalah kopi. Tidak hanya nikmat, kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Beberapa penelitian mengungkapkan, minum kopi dalam takaran wajar bisa menurunkan risiko kematian dini, yaitu diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker.

Seperti dilansir Independent, berikut beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari minum 1-4 cangkir kopi setiap hari:

Turunkan risiko diabetes tipe 2

Peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe dua. Menurut hasil temuan dari 28 studi yang melibatkan 1 juta lebih partisipan orang dewasa, mereka yang minum tiga atau lebih cangkir kopi sehari memiliki risiko relatif 21 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah atau jarang meminumnya.

Bahkan, mereka yang minum enam cangkir atau lebih sehari, risiko terkena diabetes tipe 2 menurun sebesar 33 persen. Komponen aktif kopi membantu mengurangi stres oksidatif, serta ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan. Kopi mengandung asam klorogenik, yang telah terbukti mampu meningkatkan metabolisme glukosa dan sensitifitas insulin. Sementara, asam cafeik yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan kinerja otot menggunakan glukosa darah, serta memiliki rangasangan kekebalan dan anti-inflamasi.

Turunkan risiko terkena kanker prostat

Berdasarkan temuan dari 13 studi yang melibatkan lebih dari 530 ribu partisipan, mereka yang minum kopi memiliki risiko relatif 10 persen lebih rendah terkena kanker prostat dibandingkan mereka yang minum sedikit. Tidak hanya itu, ada penurunan risiko kanker prostat sebanyak 2,5 persen untuk setiap tambahan dua cangkir kopi yang mereka minum per hari.


Penulis Redaksi
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore