Lakukan Segera, 4 Aktivitas yang Tidak Boleh Dilakukan Sebelum Tidur

Indra Kurniawan Sabtu, 7 Agustus 2021 15:00:23
Bangun di pagi hari dengan perasaan seperti hampir tidak tidur barangkali pernah Anda alami. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Bangun di pagi hari dengan perasaan seperti hampir tidak tidur barangkali pernah Anda alami. Menurut sebuah studi CDC baru-baru ini, satu dari tiga orang Amerika tidak mendapatkan tujuh jam tidur atau lebih yang direkomendasikan oleh National Sleep Foundation. Dan bahkan jika Anda bekerja delapan atau sembilan malam, jam-jam itu mungkin tidak sepadan dengan potensi penuhnya — kesalahan yang Anda buat tepat sebelum tidur dapat menyabot mata Anda. Melansir Real Simple, yuk simak lima kebiasaan yang dapat mencegah Anda mendapatkan tidur yang dibutuhkan.

1. Membaca di Gawai Anda

Penelitian menunjukkan membaca dari perangkat elektronik pemancar cahaya seperti tablet atau ponsel sebelum tidur dapat mengacaukan jam sirkadian Anda hingga berdampak pada kesehatan Anda secara keseluruhan dan kewaspadaan di siang hari. Jadi, jika Anda akan membaca sebelum tidur (dan itu ide yang bagus!), pastikan Anda menggunakan buku cetak atau e-reader yang tidak memancarkan cahaya.

2. Terlambat minum kafein.

Ini mungkin terdengar jelas—Anda tidak boleh minum latte tepat sebelum tidur. Tetapi yang mungkin lebih mengejutkan adalah bahwa Anda mungkin harus mengurangi lebih awal dari yang Anda kira. Dalam studi Universitas Colorado di Boulder, minum espresso ganda tiga jam sebelum tidur menyebabkan keterlambatan 40 menit pada jam internal peserta. Penelitian lain menyarankan bahwa orang harus mengurangi konsumsi kafein setidaknya enam jam sebelum tidur. Pertimbangkan untuk menjadikan kopi setelah makan siang itu sebagai kopi terakhir Anda hari itu untuk memastikan benar-benar keluar dari sistem Anda sebelum tidur.

3. Memeriksa akun media sosial Anda.

Ini yang sering dilakukan. Bahkan jika Anda tidak memposting dari tempat tidur, kecanduan Instagram, Twitter, TikTok, YouTube Anda dapat memengaruhi kualitas tidur Anda. Para peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Pittsburgh menemukan bahwa orang dewasa muda (usia 19 hingga 32 tahun) yang menghabiskan sebagian besar waktu di media sosial dua kali lebih mungkin mengalami gangguan tidur daripada rekan-rekan mereka yang tidak terlalu terobsesi.

4. Mengemil makanan dengan jumlah lemak jenuh dan gula yang tinggi.

Memanjakan sepotong kue keju mungkin suguhan yang menyenangkan sesekali, tetapi menjadikannya sebagai makanan penutup malam dapat merusak tidur Anda. Sebuah studi tahun 2016 dari American Academy of Sleep Medicine menunjukkan, asupan lemak jenuh dan gula yang lebih besar dikaitkan dengan tidur yang kurang restoratif dan terganggu. Satu hal yang dapat meningkatkan tidur Anda adalah diet tinggi serat.

(ind)


Penulis Indra Kurniawan
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore