Mau Mulai Belajar Yoga? Kenali 3 Tingkatan Ini

Redaksi Selasa, 10 Agustus 2021 23:59:02
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Di masa pandemi COVID-19 dan harus lebih banyak di rumah karena pemberlakuan PPKM menuntut fisik kita selalu tetap sehat. Salah satunya dengan berolahraga.

Yoga bisa menjadi pilihan untuk menjaga kebugaran. Namun bagi yang belum pernah melakukannya, ada baiknya Anda melihat yoga lebih dekat dan seperti apa manfaatnya.

Instruktur yoga langganan para selebriti, Fajar Putra, pernah bilang, yoga seni menyatukan gerakan (berupa postur -red.), konsentrasi, dan napas. Dalam setiap gerakan yoga selalu terkandung ketiga unsur itu.

"Kalau gerakan yoga lebih banyak diam, itu karena masih di tingkatan basic. Yoga punya tiga tingkatan: basic yoga, hatha yoga, dan power yoga. Yoga olahraga dari India. Dari pengalaman saya, dengan makan sehat dan yoga tiga kali seminggu, bobot saya turun 3 kg dalam sebulan," terang Fajar.

Fajar lalu mencontohkan diri sendiri. Sebelum beryoga, berat badannya 78 kg. Setelah itu, ia yoga tiga kali seminggu dan mengatur pola makan. Hasilnya, ia sukses memangkas bobot 21 kg  menjadi 57 kg dalam waktu kurang dari setahun. Pada lima bulan pertama Fajar menurunkan bobot 15 kg hanya dengan yoga. Memasuki bulan keenam, yoga dikombinasikan dengan mengatur pola makan.

Berikut tiga tingkatan yoga menurut Fajar:

1. Basic yoga
Yoga pada taraf pengenalan. Meliputi latihan bernapas hanya dengan hidung inhale and exhale through your nose only. Lidah ditekan ke langit-langit lalu menghela dan membuang napas lewat hidung. Untuk membiasakan ini saja butuh waktu lama.

2. Hatha yoga
Menekankan pada penguasaan tubuh dan pernapasan. Caranya, menyeimbangkan dua kutub energi pada manusia yaitu yin dan yang. Pada fase ini keseimbangan maupun penguasaan fisik didapat melalui olah tubuh, gestur, olah nafas, dan gerakan dengan level lebih tinggi.

3. Power yoga
"Dalam power yoga tidak ada gerakan diam, lebih banyak repitisi. Lebih dinamis. Bisa dibilang power yoga adalah fitness di dunia yoga. Ini cerminan aktivitas penuh semangat," kata Fajar.

 


Penulis Redaksi
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore