5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Olahraga Yoga

Redaksi Selasa, 10 Agustus 2021 15:30:43
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Pandemi COVID-19 dan PPKM menuntut fisik kita harus selalu tetap sehat walau di rumah saja. Yoga bisa menjadi pilihan untuk menjaga kebugaran.

Instruktur yoga langganan para selebriti, Fajar Putra, pernah mengatakan, bahwa saat beryoga, inhale exhale kata yang paling sering terucap di kelas. Begitu pentingkah menarik dan buang napas, sampai kata itu diulang berpuluh kali dalam satu sesi latihan? Inhale exhale ibarat password, "ibu" dari seluruh gerakan. Melalui inhale exhale, kita diingatkan untuk senantiasa bernapas.

Tidak perlu diingatkan, dan semua orang di muka bumi ini tentu selalu bernapas. Benar. Tapi, apakah Anda sudah yakin ada kualitas dalam setiap tarikan napas Anda? Misalnya, ketika bekerja di depan komputer atau mengurus anak, kita memang bernapas dengan hidung. Tapi tarikan napas kurang maksimal.

"Yoga mengingatkan kita untuk selalu menarik napas panjang dan mendalam. Semakin banyak oksigen yang masuk ke tubuh, semakin banyak supply oksigen singgah ke otak. Artinya, makin banyak manfaat yang dirasakan tubuh. Masuknya banyak oksigen ke tubuh, memperkecil risiko migrain, kulit lebih cerah dari dalam, melancarkan metabolisme, dan tata edar darah. Itu sebabnya kata inhale exhale bisa terdengar sampai ratusan kali saat beryoga," Fajar menukas.

Sebelum memimpin satu sesi, guru melakukan yang namanya sequencing. Dalam seminggu ada tiga kali latihan, maka setiap sesi dirancang untuk menguatkan organ tubuh tertentu layaknya gerakan fitness.

Misalnya, Anda latihan saban Senin, Rabu, dan Jumat. Ada pembagian latihan gerakan. Senin latihan perut, tulang belakang, dan pinggang. Jadi pada Senin, banyak variasi gerak untuk menguatkan perut, pinggang, dan tulang belakang. Rabu, giliran menguatkan kaki. Maka, banyak gerakan standing.

"Jumat saatnya membuka paha dalam, bahu, pergelangan kaki, dan tangan. Dalam yoga, semua bagian tubuh disasar, dibentuk. Bagi yang ikut kelas yoga di sanggar kebugaran, perhatikan. Jika Senin sudah latihan perut, pinggang, dan tulang belakang silakan ikuti kelas lain di hari Rabu untuk menyasar organ tubuh lain. Biarkan perut, pinggang, dan tulang belakang beristirahat," Fajar mengingatkan.

Fajar merangkum lima hal yang patut diperhatikan saat beryoga:

1. Tiga yang harus Anda bawa saat beryoga yakni matras, handuk, dan air minum. Peralatan yoga itu mahal? Ya, itu jika Anda memikirkan merek. Untuk pemula, beli saja matras reguler yang harganya Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu. Pilihlah baju yang menyerap keringat, celana pendek ala bicycle pants, tertutup, tidak terlalu longgar, dan membuat Anda nyaman bergerak.

2. Tidak ada makanan pantangan selama beryoga. Hanya, dua jam sebelum beryoga, Anda tidak disarankan makan berat. Makan besar sesaat sebelum beryoga membuat perut terasa mual dan serasa mau muntah selama menjalani latihan.

3. Jika ikut kelas yoga dan sanggar kebugaran, cek jadwal kelas yang ada dalam seminggu.

4. Apa pun masalah yang sedang dihadapi jangan dibawa ke kelas yoga. Konsentrasi 100 persen itu mutlak perlu. Yoga bisa menyembuhkan. Yoga juga bisa menyakitkan saat Anda tidak fokus.

5. Jangan hanya beryoga ketika sedang belajar bersama guru. Latihan sendiri di rumah akan selalu membuat gerakan Anda lebih sempurna.


 


Penulis Redaksi
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore