Kena PPKM Lagi, Yuk Gunakan Smartphone Untuk Menambah Penghasilan Dari Rumah

Vallesca Souisa | 15 Agustus 2021 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pemerintah telah kembali menetapkan pembatasan kegiatan, yang kali ini dikenal sebagai PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat). Dengan adanya pembatasan ini, banyak kegiatan yang sudah sempat kita lakukan beberapa bulan terakhir menjadi berhenti total. Mal sementara ini mungkin sudah buka tapi masih sangat terbatas, restoran dalam mal pun tidak bisa melayani tamu untuk makan ditempat, dan banyak juga yang terdampak pekerjaan dan mata pencaharian hidupnya.

Nah, bagi kamu yang berniat untuk menambah penghasilan dengan bekerja dari rumah, silakan simak tips berikut.

Saat ini dengan layanan internet yang sudah mencakup hampir semua wilayah di Indonesia, banyak yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kalau dulunya internet hanya bisa diakses dengan komputer atau laptop, sekarang smartphone pun bisa mengakses internet kapan saja dan di mana saja. Selain menjadi alat untuk komunikasi, smartphone juga bisa menjadi alat untuk berbisnis loh. 

Berikut beberapa ide bisnis sederhana yang bisa kamu coba lakukan dengan smartphone:

1. Berjualan: Selama di rumah, banyak loh barang yang bisa kamu jual secara online dengan smartphone. Kamu bisa mencoba berbagai resep yang bisa ditemukan di internet dan menjualnya di media sosial. Kamu juga bisa mencari supplier berbagai barang seperti pakaian dan sepatu langsung dari pabrik, berikan tambahan kreasi keren dan kemudian jual dengan merek sendiri. Semua ini bisa kamu lakukan dari rumah hanya dengan menggunakan smartphone. Dari mulai mencari bahan, mengambil foto dan mempromosikan produk, smartphone bisa membantumu melakukan semuanya.

2. Bergabung dengan perusahaan kurir online: Bagi kamu yang suka bepergian, kamu bisa coba bergabung dengan salah satu perusahaan kurir online. Terutama saat kita dianjurkan untuk tetap di rumah, tentunya banyak barang yang perlu kita beli tanpa harus keluar rumah. Di situlah jasa kurir online sangat dibutuhkan. Alat yang sangat penting bagi kurir online adalah smartphone, karena semua hal yang dibutuhkan tersedia di smartphone. Dari mulai aplikasi kurir, peta dan aplikasi untuk komunikasi, semua ada di smartphone. Bagi kamu yang tertarik menjadi kurir online, jangan lupa patuhi Protokol Kesehatan ya.

3. Membuat konten-konten menghibur: Selama masa pandemi, hiburan virtual semakin banyak diminati. Dengan terbatasnya kegiatan di luar rumah, konten-konten lucu dan menghibur yang kita lihat di smartphone menjadi salah satu cara untuk meluangkan waktu. Beberapa tahun terakhir juga banyak yang memilih untuk bekerja full time membuat konten untuk berbagai channel seperti YouTube, Instagram dan TikTok. Kamu juga bisa loh mulai membuat konten-konten hiburan yang dapat memberi senyum untuk penontonnya. Pertama, pilih media sosial yang ingin kamu gunakan. Kemudian, gunakan kreativitas dan tentukan topik yang ingin kamu bahas. Kamu bisa memilih beragam topik seperti komedi, lifestyle, olahraga, kuliner, komedi dan masih banyak lagi. Sebagai content creator, kamu pastinya butuh smartphone sebagai alat untuk membuat konten, mengupload konten, ngobrol dengan followers dan juga untuk mencari inspirasi di internet.

Selain untuk berbisnis, smartphone juga bisa kamu gunakan untuk mengembangkan keahlian dan keterampilan kamu. Saat kamu browsing di internet, banyak loh kelas-kelas online yang bisa kamu ikuti, dan banyak yang gratis juga. Kamu tinggal klik kelas yang ingin kamu minati dan langsung join dengan smartphone.

Saat kamu mau memulai bisnis sendiri, memilih smartphone yang tepat juga menjadi penting. Tidak perlu selalu membeli barang yang mahal apalagi jika memulai bisnis yang kecil. Kalau bisa memulai dengan modal yang minim, kenapa nggak?

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait