Jakarta Mari Menari, Pentas Seni Virtual Memicu Semangat Kreativitas

Supriyanto | 20 Agustus 2021 | 04:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dalam rangka memeriahkan Hari kemerdekaan RI ke-76, Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta menggelar pentas seni secara virtual, Jakarta Mari Menari.

Jakarta Mari Menari memiliki agenda kegiatan yaitu Dance-Talk, sebuah kegiatan diskusi dari  tanggal 19-20 Agustus 2021 dengan tema 'Tari dan Sosial Media' serta 'Tari dan Budaya Pop'.

Diskusi publik yang dibuka untuk umum secara gratis itu akan melibatkan beberpa narasumber yang berkaitan dengan pemerhati tari, akademisi, seniman tari, content creator, influencer, professional dancer seperti Rusdy Rukmarata,  Saras Dewi, Hanny Herlina, Kennya Rinonce dan Bowo Alpenliebe, Firman, Nadira Aisyah.

Diskusi yang dimoderasi oleh Kojek Rap Betawi dan Soni Marti Lova ini nantinya akan dilangsungkan melalui zoom dan disiarkan oleh Youtube Disparekraf DKI Jakarta.

Untuk menghidupkan suasana 17 Agustus, yang selalu lekat dengan kegiatan lomba 17-an, JICON Dance Fest dan Disparekraf DKI Jakarta juga menyelenggarakan lomba tari yang dibuka untuk umum dan profesional dengan total hadiah puluhan juta rupiah.

Lomba tari virtual ini bisa diikuti oleh siapa saja, dan cukup menari di rumah saja, kemudian upload di sosial media yang dimiliki, dan peserta dengan Penari terbaik pilihan juri akan mendapatkan hadiah dari Disparekraf DKI Jakarta.

Lomba tari akan dibuka pada tanggal 16 Agustus 2021 hingga 5 september 2021 dan untuk pengumuman pemenang akan diumumkan pada tanggal 12 September 2021.

Jakarta Mari Menari merupakan rangkaian menuju kegiatan tahunan Jakarta International Contemporary Dance Festival pada bulan oktober mendatang.

“Dalam Jakarta Mari Menari, dengan semangat kemerdekaan melalui kegiatan ini tari sebagai ruang ekspresi diharapkan dapat memunculkan optimisme bagi seluruh khalayak dalam menghadapi musibah pandemi," ujar Yola Yulfianti ketua komita tari Dewan Kesenian Jakarta dalam siaran pers yang diterima wartawan, belum lama ini.

Selain itu Bapak Gumilar Ekalaya selaku Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan ekonomi kreatif DKI Jakarta mengatakan acara pentas seni Jakarta Mari Menari bisa membangkitkan semangat kreativitas di tengah pandemi.

“Kami sangat mengapresiasi dan mendukung atas terselenggaranya event tari virtual Jakarta . Semoga ke depannya semangat berkolaborasi dalam mengembangkan potensi kreativitas masyarakat seperti ini semakin banyak diselenggarakan," kata Gumilar Ekalaya.

(pri)

 

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait