Studi: Kadar Glutamat Bebas dalam ASI 6 Kali Lebih Tinggi dari Susu Formula

Yoga Prakoso Sabtu, 21 Agustus 2021 15:06:52
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Dunia merayakan Pekan ASI Sedunia pada bulan Agustus. Ada sejumlah catatan menarik di sela peringatan ini. Ahli Gizi Klinis di RS Melinda Bandung, dr. Johanes Chandrawinata, MND, SpGK, mengulas peran glutamat dalam ASI kepada ibu menyusui di Indonesia. Ia menyebut ASI sangat penting sebagai perlindungan paling awal bagi bayi baru lahir. ASI juga bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi karena kaya nutrisi seperti glutamat atau asam amino bebas sebagai sumber nitrogen yang baik untuk si kecil.

“Glutamat, berbagai zat gizi makro dan mikro, serta zat bioaktif yang terkandung dalam ASI menjadikannya makanan pertama yang ideal buat bayi. Zat bioaktif menunjukkan pentingnya ASI sebagai makanan fungsional. Ia berperan penting dalam daya tahan dan kesehatan bayi,” kata Johanes dalam siaran pers yang kami terima pekan ini. “Studi dari Berthold Koletzko yang diterbitkan jurnal Annals of Nutrition and Metabolism 3 Desember 2018 menjelaskan, kadar glutamat bebas dalam ASI 6 kali lebih tinggi dari susu formula lain,” imbuhnya.

Pada bayi baru lahir, glutamat dan glutamin adalah faktor pertumbuhan sel epitel usus. Keduanya meningkatkan fungsi penghalang usus dan memengaruhi perkembangan sel-sel imunitas. “Dari segi anthropometri, glutamat dan glutamin membantu peningkatan tinggi dan berat bayi,” urai Johanes. Lebih lanjut ia menjelaskan, selama menyusui, kebutuhan kalori ibu meningkat 330 hingga 400 kkal per hari untuk memproduksi ASI.

Untuk mendapat kalori ekstra, Anda bisa melirik satu roti gandum utuh dengan 16 gram (satu sendok makan) selai kacang, pisang, atau 225 gram yogurt. Usahakan pilih makanan sehat untuk membantu produksi ASI. “Penting bagi ibu menyusui tahu penerapan pola hidup dan makan sehat. PT Ajinomoto Indonesia mendukung para ibu yang tiap hari berjuang memberi ASI terbaik bagi bayinya. Ibu bisa menerapkan tips dari dokter Johanes ke dalam makanan sehari-hari. Untuk inspirasi aneka masakan lezat bergizi silakan kunjungi dapurumami.com,” terang Public Relations Manager PT Ajinomoto Indonesia, Katarina Larasati.


Penulis Yoga Prakoso
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore