Mengenal Cinematic Bokeh Flare Effect dan Portrait Video Ponsel Pintar, Seperti Apa?

Yoga Prakoso | 27 Agustus 2021 | 20:52 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Perkembangan teknologi khususnya gadget makin tak terbendung. Fitur video dalam ponsel pintar terus berinovasi. Kini ada portait video dengan fitur makin kaya untuk memanjakan mereka yang ingin menjadi pembuat film. Fitur yang viral tahun ini yakni cinematic bokeh effect untuk video. Bokeh Flare Portrait Video mendukung visual yang lebih dramatis dengan penyesuaian ukuran dan tingkat keterangan sesuai pergerakan kamera dan subjek foto serta dapat langsung memberikan preview.

Efek sinematik ini biasanya dihasilkan peralatan film profesional. Kini efek yang sama bisa didapat para pencinta gawai lewat seri terbaru Oppo, Reno6 5G yang dilengkapi AI Highlight Video’s Live HDR di mana algoritma mengatur pencahayaan dan menambahkan warna sesuai aslinya. Oppo Reno6 Pro 5G dilengkapi DOL-HDR. Ia meningkatkan kualitas video dengan lebih jernih, warna lebih sesuai aslinya, dan jangkauan dinamis video menjadi 4 kali.

Untuk menciptakan cahaya bokeh indah yang terlihat di Bokeh Flare Portrait Video, Reno6 Series 5G melakukan serangkaian pemrosesan data rumit. Puluhan ribu gambar yang diambil lewat lensa SLR dengan panjang fokus berbeda dianalisis secara manual maupun pakai AI untuk meningkatan kemampuan algoritma yang dibutuhkan Bokeh Flare Portrait Video. Ukuran, kecerahan, dan lingkar cahaya tiap cahaya bokeh dihasilkan lewat pengoptimalan tingkat piksel setelah pengenalan latar belakang cahaya dari objek foto.

“Ini membuat efek keseluruhan jadi lebih alami dan fleksibel jika dibandingkan dengan filter gambar bokeh yang biasa diambil di efek bokeh statis sederhana. Keunggulan ini disambut pencinta gawai Tanah Air. Karenanya di periode first sale, kami punya banyak penawaran menarik,” beri tahu Chief Creative Officer Oppo Indonesia, Patrick Owen, lewat siaran pers yang kami terima pekan ini. Seri Reno6 5G diperkenalkan ke masyarakat Indonesia dengan harga Rp 7,9 juta sedangkan Reno6 Pro 5G seharga Rp 10,9 juta. 

Penulis : Yoga Prakoso
Editor: Yoga Prakoso
Berita Terkait