Putri Diana Sudah Tiada, Tetapi Sepatu Favoritnya  Jadi Tren di Keluarga Kerajaan  Hingga Hari Ini

Vallesca Souisa | 31 Agustus 2021 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - 24 tahun lalu, tepat hari ini, Putri Diana meninggal secara tragis. Meninggalkan duka besar bagi seluruh penggemarnya di seluruh dunia. Diana Spencer, ia adalah putri di hati rakyat. Dikenal dengan kerendahan hati serta gaya dan cita rasa fashion-nya yang memukau. Menginspirasi banyak wanita di seluruh dunia, dari gaya busana jumper-nya,  atasan-atasan berkerah yang elegan, dan rok-rok yang modis. Banyak yang tak tahu juga, bahkan sepatu favorit Diana, jadi inspirasi wanita-wanita dari keluarga kerajaan: sepatu espadrilles. Lihat, putri-putri kekinian dari kerajaan Inggris dengan espadrilles, yang kerap digunakan Diana di tahun 90an. 

Salah satunya, adalah Kate Middleton. Kate mungkin sering terlihat mengenakan jins beberapa tahun belakangan ini. Tetapi ternyata sang Duchess butuh waktu untuk berani dan menggunakan pakaian yang kasual. Bagi seorang putri kerajaan, berpakaian saja bisa menjadi tekanan tersendiri, karena semua mata memandang dan menilai. Putri Diana-lah yang membuat terobosan dengan gaya fashion-nya yang berani. Kate berusaha mengikutinya. Menggunakan pakaian, yang ingin ia kenakan. 

Seperti dalam foto ini, Kate tampil dalam sebuah acara santai, “flower show” siang hari, dengan dress kasual, santai, tapi tetap terlihat manis. Ia memadukan dress simpel ini dengan sepatu espadrilles. Espadrilles adalah sepatu dengan heels rata, semacam wedges, dengan tali-tali di bagian atas, memberi sentuhan modis. Kate, dalam momen ini memadukan espadrilles broken white dengan dressnya berwarna biru, motif kotak-kotak kecil berwarna putih. 

Mix and match pakaian dan sepatu ala Diana juga diadaptasi oleh putri-putri muda kerajaan lainnya. Salah satunya gaya busana jumper Diana yang berwarna dipadukan dengan espadrilles. Salah satu gayanya yang tak terlupakan di masa itu, adalah ketika dia menggunakan jumper denim berwarna kuning, dipadukan kemeja bunga-bunga, dan sepatu espadrilles berwarna pink. Ia memainkan block color, atau warna kontras. Ia mengenakan outfit ini ketika menghadiri pertandingan polo dengan Pangeran Charles padad 1981, beberapa minggu sebelum mereka menikah. Banyak model baju Diana dan sepatunya di tahun 1980 hingga 1990an, kembali menjadi tren di tahun 2021. 

Seperti Espadrilles, saat ini  sedang menjadi tren high street di Inggris, bahkan beberapa negara Eropa. Espadrilles menjadi sepatu pilihan para putri bangsawan untuk musim panas tahun ini. Dari Ratu Letizia-Spanyol, sampai The Duchess of Cambridge, terlihat menggunakan espadrilles beberapa minggu terakhir ini. Inspirasi mereka? Putri Diana. 

“Banyak tren telah berkembang di dunia ini, tapi apapun yang Diana pakai, pasti diikuti dunia,” ucap Samantha Harman, Fashion Expert dan penata gaya pribadi di London. “Dia mungkin contoh pertama, seorang putri bangsawan yang menggunakan espadrilles untuk tampil di depan publik,” imbuh Samantha. Sejak saat itu, menurutnya banyak wanita bangsawan menggunakan sepatu modis asal Spanyol ini. “Duchess of Cammbridge sering menggunakan espadrilles dengan pakaian apapun, dari gaun yang menggembang, jins, hingga celana bahan,” ungkap Samantha lagi. Demikian dengan Meghan Markle, Duchess of Suxess, menggunakan espadrilles untuk tur Australia 2018. Lady Amelia Windsor bahkan menggunakan espadrilles untuk pernikahannya di tahun 2019. 

{gallery}media_folder=21132{/gallery}

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait