Pelit Beda dengan Hemat, Orang Kikir Mudah Dikenali

Redaksi | 5 September 2021 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sifat pelit atau kikir beda dengan hemat. Sifat hemat diasosiakan dengan cara menggunakan uang yang efisien dan cerdas agar mendapatkan manfaat sebesar mungkin. Orang yang hemat memikirkan dengan seksama setiap kali mengeluarkan uang. Dia harus merasa yakin dengan manfaat yang didapat dari uang yang dikeluarkan. Orang yang, saking hematnya, tak jarang juga dianggap sebagai pelit. Tapi sebetulnya berbeda. Orang yang hemat masih mau sesekali mengeluarkan uangnya sejauh dia yakin ada manfaatnya, terutama bagi dirinya. Sementara orang pelit hanya mau menerima tanpa pernah memberi.

Orang yang pelit katanya ada beberapa tipe. Kalau Anda pernah bergaul dengan beberapa orang pelit mungkin bisa mengenali perbedaan mereka. Ada orang yang pelitnya luar biasa. Saking pelitnya dia tak mau mengeluarkan uang bahkan untuk dirinya sendiri. Meski sudah punya uang dia tetap hidup dengan cara seirit mungkin. Uang di kantongnya disimpan dengan sangat rapat, kalau bisa jangan pernah keluar. 

Orang pelit tipe ini bisa jadi bencana bagi anggota keluarganya. Mau tak mau semua orang yang tinggal bersamanya harus mengikuti gaya hidupnya yang super pelit. Kalau dia seorang ibu atau ayah, pasangan dan anak-anaknya akan ikut menanggung akibat dari sifat pelitnya. Mungkin Anda pernah melihat, orangtua yang sebetulnya mampu, tapi saking kikirnya, anak-anaknya dipaksa makan seadanya dan memaki baju murahan. Mereka tak malu sifat pelitnya jadi omongan tetangga, karena yang dipedulikan hanya bagaimana agar uangnya tetap utuh.

Ada juga orang pelit tapi hanya mempertahankan perilaku pelit pada orang lain, tidak pada diri sendiri. Setelah punya cukup uang mereka tak jarang makan enak, pergi jalan-jalan, sesekali membeli pakaian bagus. Dia hanya pelit pada orang lain. Ini masih mendingan. Setidaknya sifat pelitnya hanya jadi masalah bagi orang lain, tapi tidak bagi diri dan keluarganya. Orang pelit tipe ini masih mau mengeluarkan uang untuk kesenangan keluarganya, atau membelikan barang bagus buat anak dan pasangannya.

Sifat pelit dengan mudah bisa dikenali. Jika Anda tak ingin punya suami/istri yang punya sifat kikir, sejak pacaran perlu dengan cermat melihat karkater si dia. Kalau sama-sama punya sifat pelit, mungkin tak jadi masalah. Masalah akan jadi serius kalau Anda orang yang dermawan, sementara pasangan orang kikir.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait