Tips Tetap Produktif Meski Bekerja Dari Rumah Saja!

Vallesca Souisa | 6 September 2021 | 17:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - WFH (Work From Home), atau kerja dari rumah saja. Sekilas kedengarannya enak, kerja dari rumah. Tapi sesungguhnya, di masa pandemi ini, kerja dari rumah saja justru lebih banyak tekanannya, lebih banyak kerjaannya, dan kadang lebih tak mengenal waktu untuk beberapa bidang dan profesi. Bahkan di hari libur, Sabtu-Minggu, masih bisa berkutat dengan pekerjaan. Tapi di rumah juga banyak gangguan, gimana caranya supaya tetap produktif dan semangat?

Mau enggak mau, untuk tetap mengencangkan tekad dan tetap konsisten kita harus mendorong diri sendiri, dan mencari cara-cara kreatif supaya enggak penat. Ini beberapa cara yang mungkin bisa membuat kamu tetap bertahan dan tetap memiliki mood yang baik saat harus bekerja dari rumah saja alias WFH.

Ciptakan Area Kerja yang Nyaman dan Rileks

Ruang sekitar kita, mendukung mood dan produktifitas kerja, atau minimal konsentrasi kita. Untuk itu cari atau ciptakan area tempat kamu bekerja di rumah, senyaman mungkin. Cari posisi yang enak, adem, boleh ditambahkan dengan aroma-aroma terapi, entah difuser, atau lilin aroma terapi, biar pikiran dan tubuh tetap rileks.

Tetap Berpakaian Rapi dan Berdandan Tipis-Tipis

Grooming, atau merias diri terkadang bisa menjadi mood booster, lho. Jadi, salah satu mengakali biar enggak malas-malasan kerja dari rumah saja, apalagi saat weekend, duh! Coba sebelum mulai bekerja, tetap berpakaian rapi dan merias diri tipis-tipis. Layaknya kamu mau pergi ke kantor. Lebih segar, dan lebih semangat.

Pilih Alternatif Tempat Lain, Cafe Atau Hotel

Namanya manusia, pasti butuh libur, butuh “break” dan menghela nafas. Tapi gimana, tuntutan tugas dan tanggung jawab tetap memanggil. Salah satu cara mengakalinya, biar enggak stres-stres amat, ya bekerja sambil menghibur diri. Cari suasana lain, kali ini bekerja dari cafe yang lagi hits atau dibicarakan. Atau pilih hotel, sambil staycation sambil bekerja. Nah, jadi enggak boring-boring amat, enggak penat-penat amat, kan.

Sediakan Minuman dan Snack Pendamping untuk Menghiburmu

Cara lainnya, pilih minuman-minuman segar atau minuman favoritmu dan pastikan minuman ini ada di mejamu saat mulai bekerja. Demikian juga dengan cemilan-cemilan yang bisa menaikkan mood kamu. Ya, memang cara yang satu ini memiliki konsekuensi tersendiri bagi para ladies, ya. Otomatis tubuh membengkak kalau terlalu sering. Tapi rasanya, selama pandemi hampir semua orang sudah membengkak karena bekerja dari rumah.

Tetap Sediakan Waktu Istirahat atau “Break”

Kalau kerja di kantor ada waktu istirahat kan ya. Nah, perlakukan juga demikian saat kerja dari rumah aja. Tetapkan waktu istirahat di tengah kerjaan yang menumpuk itu. Misalnya, “Oke jam 1 break!” misalnya breaknya selama 1 jam. Supaya re-fresh, misalnya gunakan waktu 1 jam itu untuk menonton yang lucu-lucu sejenak, untuk berbincang sejenak dengan teman atau saudara lewat chat atau telepon.

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait