Makan Camilan Baiknya Sebelum atau Sesudah Olahraga? Simak 7 Tips Berikut Ini

Redaksi Sabtu, 11 September 2021 03:30:01
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Makanan ringan alias camilan kerap dikonsumsi di antara sarapan dan makan siang, atau makan siang menuju makan malam. Pertanyaan lain yang kerap muncul, sebaiknya camilan dikudap sebelum atau setelah berolahraga.

Daripada bingung, mari kita tanya ke Director, Sport Performance and Education Herbalife Nutrition, Dana Ryan. Lewat siaran pers yang kami terima pekan ini, Dana menyebut, “Jumlah dan jenis makanan ringan ditentukan oleh jadwal aktivitas, akademik, kegiatan fisik, dan waktu tidur. Kuncinya membuat pilihan makanan ringan yang tepat agar sesuai kebutuhan nutrisi dan tujuan Anda.”

Untuk Anda, Dana membagikan tujuh tips. Pertama, padukan makanan kaya protein dengan karbohidrat atau lemak sehat untuk camilan seimbang. Protein membangkitkan rasa kenyang. Ia membantu menangkal lapar sampai waktu makan berikutnya.

“Kedua, perhatikan isyarat rasa lapar. Sinyal umum seperti perut keroncongan, kelelahan, gemetar, pusing, dan konsentrasi yang buruk mesti diperhatikan,” urainya. Batasi waktu makan dan camilan tiap 2 atau 3 jam. Itu cukup untuk menghindari rasa lapar dan memastikan tubuh memiliki energi.

Ketiga, makan camilan sebelum olahraga. Misalnya smoothies buah, buah kering plus sereal gandum, buah ditambah yogurt, potongan buah ditambah minuman karbohidrat-elektrolit, atau roti gandum dengan selai. Keempat, mengembalikan energi dengan camilan setelah berolahraga pun tidak salah.

“Contoh camilan pemulihan yang baik yakni susu cokelat rendah lemak, protein shake, smoothies buah dan yogurt, buah kering, roti gandum dengan mentega kacang, serta pisang plus susu rendah lemak,” Dana menerangkan.

Kelima, konsumsi camilan dengan konsentrasi. Ternyata, penting untuk menyetop aktivitas lain selama beberapa menit dan menikmati camilan Anda. Makan tanpa gangguan bikin Anda lebih puas dan tak tergoda untuk nambah. Keenam, bedakan camilan sehat dengan makanan ringan biasa. Camilan bergizi memuaskan rasa lapar. Makanan ringan biasa seperti permen atau gorengan tidak membantu tubuh Anda untuk pulih setelah berolahraga. Terakhir, atur dan siapkan camilan Anda. “Selain hemat, Anda mendapat lebih banyak cadangan nutrisi dengan menyiapkan camilan sehat dari rumah,” pungkas Dana.


Penulis Redaksi
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore