Tak Harus Pakai Obat-obatan, Ini 4 Langkah Mudah Mendapatkan Kulit Sehat

Redaksi Sabtu, 25 September 2021 03:00:23
Pertama kali bertemu seseorang, tanpa sadar Anda akan melihat wajahnya terlebih dulu. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Pertama kali bertemu seseorang, tanpa sadar Anda akan melihat wajahnya terlebih dulu. Itu sebabnya sangat beralasan jika Anda mempertahankan kulit wajah agar bersih dan sehat. Itu salah satu kunci timbulnya harga diri, rasa percaya diri, juga sikap positif terhadap diri sendiri.

Sulitkah mendapatkan kulit yang sehat? Sebenarnya tidak. Tidak mesti tergantung pada obat-obatan tertentu atau rutinitas berlebihan dalam perawatan kulit. Hanya perlu sedikit modifikasi dalam kebiasaan membersihkan. Jika berdisiplin melakukannya, kulit akan bertambah segar dan terjaga kualitasnya. Seperti apa kebiasaan-kebiasaan yang perlu dibentuk untuk menjaga kesegaran kulit? Berikut langkah yang bisa Anda terapkan.

Konsumsi makanan sehat
Hindari makanan yang sering membuat kulit wajah Anda pecah-pecah atau bersisik atau berkurang kadar minyaknya. Makanan seperti cokelat dan beragam jenis permen, kentang goreng, pizza, minuman ringan hingga makanan cepat saji bisa berdampak buruk. Cukup santap makanan di atas dalam porsi sedang, tak perlu berlebihan. Atau Anda juga bisa mengonsumsi makanan berlemak atau goreng-gorengan sebagai sesuatu yang istimewa. 

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Hidrasi dan berlatih olahraga
Minumlah sesuai anjuran, 8 gelas air putih setiap hari. Barengi dengan olahraga rutin, berjalan kaki, berlari, bersepeda, atau lainnya. Jika dilakukan secara rutin, akan memberikan pengaruh positif pada cerahnya kulit Anda. Meningkatnya aliran darah yang berkaitan dengan latihan aerobik memberikan pengaruh positif terhadap kulit. Kulit yang cemerlang menggantikan kulit yang biasanya tampak kusam.
Olahraga dan minum air putih bukan hanya membantu memperbaiki warna dan tekstur kulit. Tapi juga membuat Anda merasa lebih energik dan fit. Niscaya stres berkurang, membuat Anda mampu mencapai target.

Waspadai sinar matahari
Dengan menggunakan tabir surya berkadar SPF sedang, Anda melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, kanker kulit, dan kerutan dini akibat usia. Terlalu banyak sinar matahari yang mengenai tubuh secara langsung bisa menyebabkan bibir melepuh. Kulit yang terbakar akibat sinar matahari biasanya akan mengelupas dan membuat kulit yang baru muncul lebih mudah lecet dan sensitif. Pendekatan terbaik untuk mencegah terbakar sinar matahari dan masalah kulit lain yang disebabkan sinar matahari, dengan memantau berapa lama Anda menghabiskan waktu di bawah terik matahari dan menghindarinya dengan memanfaatkan tabir surya yang berkadar SPF 15 atau lebih.

Membersihkan muka secara rutin
Membersihkan, mengelupas, memberi penyegar dan melembapkan. Inilah rutinitas sehari-hari yang sebaiknya Anda lakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat. Pilih pembersih kulit lembut yang bekerja sesuai jenis kulit -apakah cenderung kering, berminyak atau normal. Bersihkan wajah dengan produk yang Anda pilih dengan gerakan memutar dan bilas wajah dengan air suam-suam kuku. Hindari penggunaan air panas atau hangat yang membuang kelembapan kulit.
Tahapan selanjutnya pengelupasan kulit mati. Produk yang mengandung butiran-butiran agak kasar (umum terdapat pada produk yang digunakan untuk scrub) sering kali efektif untuk melembutkan kulit yang agak kasar dan membuang sel-sel kulit mati, sehingga wajah Anda bisa dilembapkan dengan lebih sempurna.
Setelah proses pengelupasan selesai, gunakan toner atau astringent untuk mengencangkan kulit dan membuang sisa pembersih atau make-up. Sebagai pengganti, bisa digunakan masker wajah, setidaknya sekali seminggu. Masker wajah  mampu membebaskan pori-pori yang tersumbat sekaligus mengencangkan kulit dan membuatnya halus dan lembut.
Langkah terakhir, tepuk-tepuk kulit dengan handuk halus. Tapi jangan sampai mengeringkan semua kandungan airnya. Oleskan pelembap (dengan atau tanpa tabir surya) untuk membantu melindungi kulit dari kekeringan. Mereka yang memiliki kulit cenderung berminyak tidak perlu memakai pelembap sesering mereka yang berkulit kering, normal atau yang kombinasi.
Dengan menjalankan rutinitas di atas, Anda akan segera mendapatkan hasil positif


Penulis Redaksi
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore