Pantang Berbagi Pakai 10 Benda Ini, Bisa Sebarkan Kuman dan Penyakit

Redaksi Selasa, 28 September 2021 08:00:23
Deodoran (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Anda tidak akan dikatakan “pelit” jika tidak mau berbagi pakai 10 benda pribadi berikut yang diungkap Shape. Karena Anda mungkin akan berbagi-pakai kuman dan penyakit. Hiii! 
1. Sabun batangan
Sebetulnya sabun batangan memiliki kemampuan membersihkan dirinya sendiri, selama tidak diperlakukan jorok -- terendam air, buih sabun yang tidak dibersihkan, dan lain-lain. Namun, untuk sabun yang akan digunakan beramai-ramai, pilihan yang lebih baik tetap sabun cair. 
2. Topi, sisir, sikat rambut, bandana, bando, dan sejenisnya
Jamur atau ketombe di kulit kepala bisa menempel pada benda apa pun yang dikenakan di kepala. Jangan karena tidak nampak kotor atau basah, lantas Anda menganggapnya bersih. Ingat, ketombe berupa serpihan kering, kan? 

(Depositphotos)
(Depositphotos)

3. Antiperspiran atau deodoran roll-on
Ada dua tipe keringat, salah satunya lebih bau menyengat. Itu bisa jadi disebabkan bakteri yang berkembang di permukaan kulit. Berbagi pakai deodoran, Anda sangat mungkin berbagi bakteri penyebab bau badan. Tentu Anda tidak menginginkannya. 

4. Gunting, sikat, dan kikir kuku
Di salon saja Anda tidak mau berbagi-pakai peralatan manikur-pedikur, maka peraturan yang sama harus Anda terapkan di luar salon, termasuk di rumah. Tidak hanya kuman dan bakteri, hepatitis C pun bisa menular dari sini.  
5. Makeup
Terutama maskara dan lipstik, pastikan keduanya hanya untuk diri Anda sendiri. Sakit mata bisa menular lewat maskara. Selain itu, maskara dan lipstik yang berbahan dasar air tentu lebih rentan menjadi tempat berkembang biak bakteri. 

(Depositphotos)
(Depositphotos)

6. Alat cukur
Jenis alat tajam ini sangat mungkin membuat luka di kulit. Kuman dan bakteri dari kulit yang tersangkut di mata pisau juga sangat mungkin masuk dan mencemari darah Anda. Kontaminasi juga bisa terjadi antara darah dan darah. Hepatitis B bisa ditransfer melalui proses ini. Ah, jangan berbagi, deh. 
7. Minuman
Berbagai penyakit yang bersumber di tenggorokan dan mulut, seperti batuk, flu, herpes, bahkan meningitis bisa menular ketika berbagi air minum dalam botol atau gelas yang sama. 
8. Sikat gigi
Sangat tidak boleh. Apa masih perlu dijelaskan alasannya? Membayangkannya saja sudah jijik, hehehe.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

9. Anting
Ketika jarum anting menembus daun telinga, sangat mungkin menyebabkan sedikit luka. Ini akan menjadi jalan masuknya virus dari pengguna anting sebelumnya. Jika terpaksa pernah dipinjam orang lain, sebaiknya disterilkan terlebih dulu sebelum dipakai kembali.
10. Earphone
Tanpa sadar, kita sering berbagi pakai earphone. Hei, earphone disumbatkan pada lubang telinga Anda dan juga lubang telinga peminjam. Apakah Anda benar-benar yakin dengan kesehatan telinga orang lain yang Anda pinjamkan? 


Penulis Redaksi
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore