Ini Tata Rambut yang Paling Cocok untuk Wanita Berusia 40 Tahun

Redaksi | 29 September 2021 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Usia belasan tahun rata-rata diklaim orang sebagai masa kejayaan. Masa bebas berekspresi, apalagi ketika resmi masuk kampus alias jadi anak kuliah. Di sanalah titik yang kerap dijadikan tolok ukur seseorang dewasa dan siap menentukan jalan hidup sendiri. Kebebasan direngkuh tak perlu lagi seragam yang mengekang seperti zaman TK atau SMP, (dan seharusnya) tak ada lagi banyak pelajaran yang tak disuka. Kita bisa memilih jurusan dan mata kuliah favorit. 

Tak hanya urusan memilih jalan hidup, soal penampilan pun remaja belasan tahun punya ruang berkreasi sangat luas. Mau pilih gaya rambut dan jenis pakaian mode apa saja bisa, selama cocok dengan jenis tubuh dan berbagai faktor lain. Citra ceria, ekspresif, fearless khas remaja memungkinkan melakukan eksperimen mode apa pun. Di usia belasan hingga 20 tahunan, kita bisa pakai rok mini, sepatu bertumit tinggi hingga 12 cm, pergi ke kelab malam dengan tata rambut ekstrem dengan poni  superpendek, cat rambut warna-warni, dan sebagainya. Semua terasa sah-sah saja. Sekarang coba bayangkan Anda melakukan semua itu ketika usia sudah memasuki kepala empat dan seterusnya. Pasti rasanya janggal. Meski banyak yang bilang awet muda, tetap saja koridor berekspresi menyempit sesuai pertambahan usia. Enggak mungkin dong tiba-tiba tampil di kantor dengan rambut dicat pirang atau dikuncir dua? Terkesan menyedihkan karena terlalu berusaha keras ingin kembali ke masa remaja.

Ngomong-ngomong gaya rambut di usia 40 tahunan, seperti apa sih yang sesuai? Masa iya kita tak boleh bereksperimen? Berikut beberapa tip do's dan don’ts yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Don't: Bereksperimen mewarnai rambut sekaligus menutupi uban yang mulai tumbuh dengan cat rambut warna terang, seperti pirang atau merah, sangat tidak disarankan. Mengingat usia, hindari warna-warna ekstrem dan terlalu terang.

Do: Pilih warna-warna gelap dan hangat yang memancarkan jelas kesan dewasa dan profesional. Apalagi keriput yang mulai tampak akan tersamar dengan rambut hitam atau cokelat tua. Beda dengan warna-warna terang, yang justru bikin wajah dan kulit Anda kelihatan pucat.

Don't: Tahu, kan betapa menawannya Demi Moore di usia lebih dari 40 tahun? Rambutnya panjang tergerai -- beda dengan citranya dulu saat berambut cepak dalam film Ghost. Tidak apa-apa kalau Anda juga ingin membiarkan rambut panjang sepunggung. Tapi lihat dulu struktur wajah dan jenis rambut, karena salah-salah malah membuat Anda kelihatan lebih tua. Kalau wajah Anda bulat dan kondisi rambut sehat, kami bisa merekomendasikan rambut panjang. Tapi kalau wajah Anda lonjong dan rambut Anda sangat tebal, kami sarankan untuk menghindari gaya rambut panjang.

Do: Sebaliknya, pilih rambut cepak atau paling tidak sepanjang bahu. Selain lebih praktis, Anda juga kelihatan lebih segar dan dinamis. Selain itu, di tengah kesibukan menjadi wanita karier sekaligus ibu rumah tangga yang harus siap 24 jam berurusan dengan kerewelan anak, Anda bisa lebih mudah merawat rambut pendek Anda ketimbang rambut panjang yang butuh perawatan ekstra. Anda bisa melihat gaya rambut aktris cantik Halle Berry sebagai contoh. Enak dilihat, praktis, dan segar, kan?

Don't: Sama seperti warna ekstrem, wanita berusia 40 tahun ke atas sebisa mungkin jangan memilih potongan rambut ekstrem yang mana butuh tenaga ekstra untuk merawatnya. Pilih gaya simpel yang memungkinkan Anda merawat sendiri di rumah, sehingga pekerjaan rumah tak terbengkalai. 

Do: Tetap ingin tampil lebih gaya tapi dengan perawatan minimum? Cobalah potongan Sheryl Crow dan Teri Hatcher. Kelihatan sangat stylish dan trendi dengan rambut layer bergelombang -- bukan potongan simpel lurus biasa -- tapi hanya butuh bantuan sampo yang bisa bikin mengembang. Atau butuh bantuan alat pengeriting beberapa menit saja usai keramas, agar tampak lebih bervolume. 

Don't: Poni pendek dan kepang kelihatan lucu dan imut kalau diaplikasikan pada remaja usia belasan tahun. Tapi wanita 40 tahunan? Justru memunculkan citra kekanakan yang bikin orang mengernyitkan dahi. Kalau  dulu Anda menyenangi gaya rambut berponi macam itu, saatnya beralih ke gaya lain yang lebih sesuai.

Do: Gaya apa yang sesuai? Bikinlah poni belah tengah agak panjang, sasak sedikit, dan padukan dengan rambut yang digulung menyerupai sanggul seperti aktris Cougar Town, Courteney Cox. Tak kalah gaya dengan anak muda, tapi sesuai usia.  

Don't: Beda dengan Courteney Cox, tatanan rambut Salma Hayek dengan sasakan terlalu besar malah bikin ia kelihatan lebih tua. Struktur sanggulnya terlalu berlebihan

Do: Seperti juga Sheryl Crow, Sarrah Jessica Parker dan Jennifer Aniston punya gaya rambut simpel dan timeless, bagus dan cocok untuk berbagai suasana. Meski di awal artikel wanita berusia 40 tahunan disarankan memangkas pendek rambut, namun bagi yang ingin berambut panjang, boleh-boleh saja. Tapi seperti yang kami katakan, harus sesuai dengan bentuk wajah dan struktur rambut. Juga jangan terlalu panjang -- maksimal sebatas dada. Kalau ke pesta dan tak mau repot menyanggul, tinggal gunakan alat pengeriting. Rambut berkesan agak messy bergelombang, keren!

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait