Penerimaan, Salah Satu Kunci untuk Ajak Anak Bersikap Terbuka

Yoga Minggu, 26 September 2021 00:52:10
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Ada banyak cara membangun komunikasi yang terbuka sekaligus hangat dengan si buah hati. Psikolog Amanda Margia Wiranata, S.Psi., M.Si., mengingatkan, orangtua jangan hanya menuntut anak melakukan ini dan itu. Saat anak telah berusaha, ayah dan bunda jangan ragu mengapresiasi dan memberi pujian. Dengan demikian, si kecil merasa dihargai dan terus berupaya menjadi lebih baik. Termasuk ketika gagal melakukan sesuatu, jangan buru-buru menghakimi melainkan ajak anak melakukan penerimaan diri.

Ini disampaikan Amanda dalam Lotte Choco Pie Satukan Cerita Online Fan Gathering yang digelar Sabtu (25/9/2021). Yang tak kalah penting, orangtua patut meluangkan waktu untuk mendengar apapun cerita anak. “Cara memancing anak untuk terbuka adalah penerimaan. Ketika anak mulai bercerita maka orangtua harus mendengar dan memberi apresiasi,” kata Amanda. Konsistensi mendengar cerita si kecil akan membuat orangtua menjadi pilihan pertama anak dalam mencurahkan isi hati.

“Anak bisa jadi mogok bercerita karena mereka merasa kurang diapresiasi orangtua. Di sisi lain, kita sebagai orangtua harus mengapresiasi anak yang mau bercerita,” imbuhnya. Cerita semanis dan sepahit apapun dari anak layak dapat tempat di hati orangtua. Saat anak merasa kurang maksimal, ayah dan bunda layak membesarkan hatinya. Kemajuan sekecil apapun tetap kemajuan. “Misal dengan mengatakan: Kamu makin jagoan deh, kamu hebat deh. Ada pujian dan penerimaan. Itu penting. Hargai perkembangan anak tiap hari,” ujar Amanda.

Acara yang dihadiri 50 orang ibu terpilih ini bentuk apresiasi buat ibu yang aktif mengikuti rangkaian activation di medsos Lotte Choco Pie. “Lotte Choco Pie berharap acara ini membantu ibu dan si kecil mewujudkan premium bonding moment agar dapat meningkatkan kebersamaan serta kehangatan bersama keluarga terkasih, khususnya di masa pandemi,” urai Brand Manager Lotte Choco Pie, Oci C. Maharani.


Penulis Yoga
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore