Pelaku Kejahatan Siber  Memanfaatkan Popularitas Film James Bond Terbaru

Redaksi | 1 Oktober 2021 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Penayangan perdana film baru akan selalu menarik perhatian para pelaku kejahatan siber, karena banyak penggemar film tertarik untuk menjadi yang pertama menonton film tersebut, dan mereka cenderung menjadi lalai terhadap sumber yang digunakan untuk menontonnya. Film James Bond baru 'No Time to Die', misi terakhir Daniel Craig sebagai agen mata-mata, tidak luput menjadi target, dengan para ahli Kaspersky telah mengamati aktivitas intensif dari para penipu online menjelang pemutaran perdananya pada 30 September 2021.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana pelaku kejahatan siber mencoba memonetisasi minat penggemar film, para ahli Kaspersky menganalisis file berbahaya yang disamarkan sebagai situs web phishing terkait film terbaru.

Pakar menemukan bahwa ada upaya untuk menginfeksi pengguna dengan berbagai jenis malware dan perangkat lunak berbahaya, yang dapat diunduh dengan kedok film James Bond terbaru. Meskipun tidak banyak pengguna yang mencoba mengunduh file-file ini, ancaman yang terdeteksi tidak terbatas pada Adware, hingga cukup fleksibel dan berbahaya. Mereka termasuk Trojan, program berbahaya yang dapat memungkinkan pelaku kejahatan siber untuk mendapatkan akses menuju data sensitif Anda, dan Trojan-PSW – stealers yang mampu mengumpulkan data login, dan bahkan ransomware.

Pakar juga menemukan sejumlah situs web phishing yang dibuat untuk mencuri detail bank pengguna. Pengguna mengunjungi situs web dengan harapan dapat menonton film 'No Time to Die' yang telah lama ditunggu-tunggu. Setelah melihat beberapa menit pertama dari film terbaru, mereka diminta mendaftar untuk melanjutkan menonton. Saat registrasi, korban diminta memasukkan informasi kartu kreditnya. Namun, setelah pendaftaran selesai, pengguna tidak dapat melanjutkan menonton. Uang didebit dari kartu mereka dan data pembayaran berakhir di tangan si penipu online.

“Berbagai sumber hiburan, termasuk film, selalu menjadi daya pikat yang menarik bagi penjahat dunia maya untuk menyebarkan ancaman dan halaman phishing. Dengan pemutaran perdana film dan serial TV baru yang bergerak secara online, ini telah memicu minat tidak hanya untuk bioskop tetapi juga di antara para penipu online. Tak pelak, pemutaran perdana yang telah lama ditunggu-tunggu seperti 'No Time to Die' menyebabkan kegemparan. Penonton yang terburu-buru untuk menonton film, membuat mereka melupakan keamanan internet. Pengguna harus waspada terhadap halaman yang mereka kunjungi, tidak mengunduh file dari situs yang belum diverifikasi dan berhati-hati dengan siapa mereka membagikan informasi pribadi,” komentar Tatyana Shcherbakova, pakar keamanan di Kaspersky.

Untuk menghindari menjadi korban program berbahaya dan penipuan berkedok film populer, Kaspersky menyarankan pengguna:

●    Hindari tautan yang menjanjikan penayangan awal film atau serial TV. Jika Anda ragu tentang keaslian konten, hubungi penyedia hiburan Anda

●    Periksa keaslian situs web sebelum memasukkan data pribadi dan hanya gunakan laman web resmi dan tepercaya untuk menonton atau mengunduh film. Periksa ulang format URL dan ejaan nama perusahaan

●    Perhatikan ekstensi file yang Anda unduh. File video tidak akan pernah memiliki ekstensi .exe atau .msi

●    Gunakan solusi keamanan yang andal, seperti Kaspersky Security Cloud, yang mengidentifikasi lampiran berbahaya dan memblokir situs phishing
 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait