12 Langkah Mudah Mendapatkan Kulit yang Indah Berseri

Redaksi Sabtu, 2 Oktober 2021 01:00:23
Kulit indah berseri, impian setiap wanita. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Kulit indah berseri, impian setiap wanita. Saat ini memang banyak salon, pusat kecantikan, alat atau produk kecantikan super canggih yang mampu membantu mengoptimalkan kecantikan kulit. Cara-cara itu sama sekali tidak salah, malah mendorong wanita terlihat lebih muda dan percaya diri. Tapi kalau ada cara praktis dan cepat untuk mendapat kulit indah berseri, kenapa pilih yang sulit? Ikuti 12 langkah berikut: 

1.    Jangan pernah membiarkan polesan make-up masih tersisa di wajah saat akan tidur. Periksa lebih teliti pada bagian kelopak mata dan kantung mata. Patut diingat, selama tidur tubuh mengeluarkan racun dari kulit. 

2.    Bersihkan bagian wajah dua kali sehari,  pagi dan malam dengan pembersih bersifat lembut atau krim yang tidak mengandung pewangi atau zat keras kimia lain. Cara ini akan menghilangkan kotoran dari pori-pori dan membuat kulit bernafas. 

3.    Bilas wajah sebersih mungkin tiap kali Anda mencuci muka. Siram wajah dan bagian leher agar lebih maksimal melepas kotoran.  

4.    Gunakan pembersih bebas alkohol jika Anda kulit berminyak. Ahli kecantikan Laura Mercier menentang orang yang menggunakan alkohol untuk membersihkan wajah mereka dari minyak. "Alkohol sangat keras dan mengeringkan kulit. Para wanita harus menyadari, kulit bisa berminyak dan kering dalam waktu bersamaan." 

5.    Lembabkan kulit dengan pelembab bebas minyak dan pelembab non-komedogenik. Laura menyarankan wanita usia 20-an ke atas untuk memakai pelembab tiap hari. 

6.    Olahraga. Utamakan olahraga luar ruang yang membantu sel-sel kulit Anda bernafas dengan udara segar. Jenis olahraga yang cocok untuk kesehatan kulit antara lain, jalan kaki, bersepeda, ice skating, angkat beban. Tapi kalau tempat tinggal Anda berpolusi udara tinggi, lebih baik memilih tempat olahraga dalam ruang, seperti pusat kebugaran atau gelanggang olahraga. 

(Depositphotos)
(Depositphotos)

7.    Tidur cukup. Tidur adalah rahasia terbesar bagi kecantikan kulit, dan resep agar kulit tetap segar tiap hari. 

8.    Sinar matahari. 10-15 menit sinar matahari pagi membantu kesehatan kulit dan tulang Anda. Tapi hindari juga sinar matahari berlebihan, terutama matahari siang dan sore hari. Gunakan tabir surya yang dianjurkan dokter atau yang paling cocok untuk kulit Anda. Umumnya dianjurkan tabir surya dengan SPF (Sun Protecting Factor-red) 15.   

9.    Air. Elemen yang tidak boleh ditinggalkan dalam upaya memperoleh kulit segar berseri. Upayakan minum lebih dari 8 gelas air putih sehari. Air berfungsi menggelontor racun dalam tubuh. Mandi juga membantu menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. 

10.    Vitamin. Upayakan keseimbangan asupan makanan.  Vitamin A sangat baik untuk mencegah penuaan dini, dan menjaga kulit dari kekeringan. Jenis makanan yang dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin kulit Anda adalah susu, keju, telur, mentega, bayam, wortel, brokoli, dan minyak ikan. Vitamin B membantu meningkatkan sirkulasi pada kulit dan warna kulit. Makanan pensuplai vitamin jenis ini adalah yoghurt, roti cokelat, roti gandung, dan sayuran hijau lain. Vitamin C membantu mempertahankan atau meningkatkan kandungan kolagen dalam tubuh, yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap halus dan sehat.  Sumbernya sebagian besar berasal dari buah-buahan seperti apel, anggur, jeruk. Vitamin E menjaga kulit tubuh dari kerut dan penuaan dini. Umumnya sumber vitamin ini adalah kacang-kacangan. 

11.    Hindari stres. Kulit sangat berpengaruh dengan kondisi kejiwaan dan emosi. Misalnya saja jerawat, muncul tak hanya karena faktor makanan tapi juga pengaruh stres. Untuk itu hindari stres dengan mengonsumsi makanan sehat, yoga, dan rekreasi. 

12.    Hindari alkohol dan kopi. Minum kopi berlebihan, membuat tubuh kekurangan cairan dan kulit jadi kering.


Penulis Redaksi
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore