Studi 2021 Sebut 74,3 Persen Rumah Tangga di Indonesia Alami Penurunan Pendapatan

Yoga Prakoso Sabtu, 9 Oktober 2021 00:07:35
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Setiap keluarga setidaknya punya satu orang yang jadi tulang punggung rumah tangga untuk mencari nafkah. Datangnya pandemi Covid-19 sejak Maret 2020 berdampak pada hampir semua rumah tangga di Tanah Air. SMERU Research Institute melakukan studi kebijakan publik bersama United Nation Development Programme, UNICEF, dan Kemitraan Australia-Indonesia untuk Pembangunan Ekonomi. Hasilnya dirilis pada Maret 2021. Di dalamnya terdapat data sekitar 74,3 persen rumah tangga Indonesia mengalami penurunan pendapatan. Proporsi rumah tangga dengan penurunan pendapatan lebih besar adalah yang punya tanggungan anak di perkotaan. Penurunannya mencapai 78,3 persen.

Studi itu menjelaskan, salah satu ukuran kesejahteraan ditentukan dari tingkat pengeluaran rumah tangga per kapita yang menggambarkan daya beli sesungguhnya. Secara nasional, studi ini menemukan rata-rata pengeluaran seluruh rumah tangga susut -2,3 persen atau dengan penurunan pengeluaran median -3,1 persen. Dari sini tampak jelas upaya pengetatan keuangan dalam penyesuaian gaya hidup agar kebutuhan pokok tetap terpenuhi.

Dalam kondisi seperti ini, masyarakat tetap bisa menyisihkan uang karena ada banyak pilihan dan kemudahan buat menabung. PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. meluncurkan Tabungan U yang mengakomodasi dan memfasilitasi kebutuhan keuangan sehari-hari. Ia mudah diakses secara digital namun tetap aman via aplikasi M2U ID. Tabungan U punya dua tipe, yakni konvensional dan Syariah dengan akad Mudharabah (U iB). Ia memungkinkan nasabah punya rekening 2 in 1 yang bisa diakses bersamaan, yaitu U Transactional dan U Goal Saver.

Nasabah dengan mudah bisa buka Maybank Tabungan U dan U iB melalui aplikasi digital banking M2U ID. Digitalisasi memudahkan nasabah melakukan transaksi keuangan dan mengendalikan tabungan melalui smartphone, dengan bantuan koneksi internet. “Tabungan U dirancang untuk memberi keleluasaan dalam mengatur keuangan sehari-hari, sambil tetap bisa menyisihkan dana untuk tabungan,” kata Head of Consumer Maybank Indonesia, Sukiwan, lewat siaran pers yang kami terima pekan ini. 


Penulis Yoga Prakoso
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore