Hati-Hati, Perhatikan 5 Efek Samping Terlalu Sering Minum Kopi

Vallesca Souisa Jumat, 15 Oktober 2021 15:30:23
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Minum kopi sekarang ini sudah seperti menjadi bagian dari gaya hidup. Bisa dilihat dari menjamurnya kedai-kedai kopi kekinian dan beragam jenisnya. Nongkrong sore hari sambil ngopi-ngopi bareng teman pun sekarang menjadi kebiasaan yang tak terhindarkan.

Nikmat memang, dan bagi beberapa orang jadi seperti candu. Hampir tak bisa hidup tanpa kopi. Hingga sehari bisa 3 kali minum kopi, atau bahkan lebih. Hati-hati, karena kebanyakan minum kopi bisa memiliki efek samping berikut ini. 

1. Detak Jantung Jadi Lebih Cepat
Bagi beberapa orang, minum kafein berlebihan bisa bikin jantung berdetak lebih cepat, dan akan merasa berdebar-debar terus. 

2. Memicu Asam Lambung
Minum kopi berlebihan bisa membuat produksi asam lambung meningkat dan bikin rasa tidak nyaman. Ini akan mengakibatkan timbulnya rasa mual, hingga perih di lambung. 

3. Insomnia
Minum kopi berlebihan juga bisa bikin kamu sulit tidur di malam hari. Akhirnya metabolisme tubuh tidak berjalan baik, dampaknya ke tampilan kulit juga tidak baik. Jadi kering dan kusam. 

4. Sering Buang Air Kecil, Bahkan Air Besar
Kafein bersifat diuretik sehingga kamu bisa lebih banyak dan lebih sering buang air kecil dan air besar. Maka, imbangi dengan minum air putih yang cukup ya. 

5. Gugup dan Cemas
Saat sedang stres, sedang banyak pikiran, atau sedang menjelang menstruasi, hindari atau kurangi minuman berkafein, karena dapat meningkatkan rasa gelisah dan gugup.


Penulis Vallesca Souisa
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore