5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Agar Tak Tertipu!

Redaksi Jumat, 22 Oktober 2021 00:01:32
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Di musim pancaroba seperti saat ini, penting bagi kamu untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari  penyakit. Seperti menjaga pola makan, istirahat yang cukup, dan rutin berolahraga, bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan.

Tetapi, meski telah menjaga tubuh, risiko terserang penyakit tetap masih ada. Oleh sebab itu, diperlukan proteksi diri yang lebih, seperti menggunakan asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan menjamin biaya kesehatan atau perawatan jika sewaktu-waktu kamu terserang penyakit, atau mengalami kecelakaan. Sehingga, kamu tidak perlu lagi memikirkan biaya untuk pengobatan dan perawatan, kamu hanya perlu fokus dalam proses penyembuhan agar cepat pulih.

Saat ini, sudah ada banyak perusahaan asuransi yang memberikan penawaran produk asuransi mereka. Hal ini tentu membuat kamu harus melakukan seleksi agar mendapatkan produk asuransi yang sesuai. Untuk membantu memilih asuransi kesehatan, yuk simak tips berikut ini : 

1. Memahami Kebutuhan

Sebelum memilih asuransi kesehatan, kamu perlu memahami kebutuhan yang kamu perlukan terlebih dahulu. Seperti riwayat penyakit yang kamu punya, tipe kamar yang nantinya kamu gunakan ketika sakit, hingga kemampuan finansial yang akan kamu bayarkan.

Setelah menentukan kebutuhan apa saja yang dibutuhkan, kamu akan lebih mudah untuk memilih asuransi yang sesuai. Pemilihan asuransi kesehatan yang sesuai, tentu memberikan manfaat lebih, karena kamu dapat menikmati fasilitas yang diberikan semaksimal mungkin.

2. Mencari Tahu Kredibilitas Perusahaan

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan produk asuransi yang beragam. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu kredibilitas perusahaan tersebut, agar terhindar dari kerugian yang mungkin akan terjadi kedepannya. Salah satu ciri perusahaan yang aman adalah berada dibawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

3. Melakukan Perbandingan

Setelah mencari tahu kredibilitas perusahaan, selanjutnya kamu bisa melakukan perbandingan antar asuransi kesehatan. Sebab, saat ini sudah banyak produk asuransi kesehatan yang memberikan berbagai manfaat.

Bandingkan kelebihan tiap asuransi kesehatan, perhatikan bagaimana mengajukan klaim saat sakit, serta syarat dan ketentuan dari asuransi kesehatan tersebut. Setelah membandingkan dengan seksama, kamu bisa memilih asuransi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

4. Memiliki Jaringan Rumah Sakit yang Luas

Asuransi kesehatan dengan jaringan rumah sakit yang luas tentu akan mempermudah kamu ketika tiba tiba terserang penyakit. Sebab, dengan begitu, kamu bisa dengan mudah memilih rumah sakit yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

5. Kenali Biaya Premi dan Polis

Tidak kalah penting, dalam memilih asuransi kesehatan kamu juga perlu mempertimbangkan biaya premi yang akan kamu keluarkan setiap bulannya. Pastikan kamu memilih premi yang sesuai dengan kemampuan finansial kamu, agar tetap lancar prosesnya.

Selain premi, kamu juga harus membaca dan memperhatikan dengan seksama polis asuransi, sebelum menyetujui asuransi tersebut. Pastikan semua sudah sesuai dengan kesepakatan antara kamu dan perusahaan asuransi yang kamu pilih. Karena ini merupakan dokumen penting yang akan kamu terima nantinya saat mengklaim asuransi.

Nah, itulah tips memilih asuransi kesehatan yang bisa kamu lakukan sebelum membeli asuransi kesehatan untuk dirimu sendiri dan keluarga.

Untuk pengajuan asuransi kesehatan kamu bisa lakukan secara online, tanpa harus keluar rumah. Kamu juga bisa mendaftarkan nya melalui CekAja.com atau bisa langsung mengunjungi situs https://www.cekaja.com/asuransi-kesehatan.

Di sini, kamu bisa membandingkan produk asuransi kesehatan terbaik dari berbagai perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan kamu.  Selain itu, proses pengajuannya juga cepat, mudah, dan pastinya aman, karena sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 


Penulis Redaksi
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore