Ini Dia Tanda-Tanda Bahasa Tubuh Seseorang yang Kemungkinan Berbohong

Vallesca Souisa Senin, 8 November 2021 22:00:58
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Situasi paling menyebalkan adalah ketika kita dibohongi orang. Untuk itu, ada kalanya kita perlu berhati-hati dan jeli juga dalam berinteraksi dengan orang, sekalipun itu teman. Ada gerak-gerik atau bahasa tubuh yang perlu kita perhatikan, selain menggunakan intuisi, untuk melihat apakah seseorang berbohong pada kita. Ini dia tanda-tanda bahasa tubuh seseorang yang kemungkinan berbohong.

Gerak Mata yang Tidak Tenang

Melihat ke atas dan ke kiri saat berbicara menunjukkan orang tersebut sedang mengingat, atau menggali memori. Sementara melihat ke atas dan kanan menandakan ia sedang mengarang sesuatu atau membangun kebohongan. Ketika kita menanyakan detil kepada pacar, tentang apa yang dilakukannya di malam hari saat ia membatalkan janji denganmu, matanya mungkin melihat ke atas dan ke kiri saat ingin mengingat tempat yang ia kunjungi. Namun ketika matanya melayang ke atas dan ke kanan, maka ada kemungkinan ia memberikan keterangan palsu padamu.

Terlalu Banyak atau Terlalu Sedikit Bicara

Orang yang berbohong sering menutupinya dengan berbicara lebih dari biasanya, dengan memberikan detil, atau terlihat diam, atau menjawab pendek-pendek, tanpa memberikan detil sama sekali. Jika orang yang biasanya banyak bicara, lalu tiba-tiba tidak bicara banyak, maka kemungkinan dia sedang berbohong. Sementara kalau yang biasa bicara pendek, tiba-tiba dia memberikan jawaban bertele-tele, maka ia sedang berbohong padamu.

Menggaruk-garuk Hidung

Seseorang yang berbohong cenderung ada kegelisahan. Sekalipun ia berusaha menutupi atau menahannya, tetap saja ada gerakan yang tak biasa, yang mengindikasikan seseorang menutupi sesuatu. Misalnya menggaruk-garuk hidung, memain-mainkan jari, mengetuk-ngetukkan jari, atau menggigit bibir. Masing-masing orang bisa berbeda.

Menarik Kerah Baju dan Menyentuh Leher

Leher adalah salah satu bagian tubuh Manusia yang paling rentan. Saat seseorang dalam tekanan, ia mungkin menarik kerah bajunya untuk menghirup udara. Terlebih jika kerah bajunya sempit. Isyarat ini menunjukkan bahwa orang tersebut merasa sangat tidak nyaman dan ingin bebas.

Isyarat lainnya adalah menggosok leher yang menandakan seseorang sedang merasa tidak nyaman dan benar-benar berusaha menutupi kebohongannya. Gestur tubuh ini juga dapat mengisyaratkan ketidakyakinan.


Penulis Vallesca Souisa
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore