5 Fitur Software Akuntansi yang Paling Banyak Dibutuhkan Perusahaan

Infomercial | 9 November 2021 | 13:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Software akuntansi online saat ini telah menjadi salah satu perangkat lunak yang wajib dimiliki oleh perusahaan mana pun. Keuangan adalah bagian yang paling vital dalam bisnis, sehingga ia harus dikelola dengan sangat teliti. Ini adalah hal yang sulit dilakukan jika keuangan bisnis masih dikelola secara manual, karena proses manual sangat rentan terhadap error.

Untungnya, saat ini sudah ada banyak software akuntansi yang tersedia untuk membantu bisnis mengotomatiskan manajemen keuangan mereka. Dengan berbagai fitur yang mereka tawarkan, perusahaan dapat menjalankan prosedur-prosedur akuntansi mereka dengan lebih praktis dan efisien, sambil mengoptimalkan keakuratan data keuangan mereka.

Berikut ini adalah lima fitur software keuangan yang paling banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia.

1. Manajemen Laporan Keuangan

Manajemen laporan keuangan merupakan salah satu fitur utama yang paling banyak dicari oleh perusahaan. Laporan keuangan yang dibuat secara manual biasanya sangat rentan terhadap human error, sehingga data yang dihasilkan menjadi tidak akurat. Ini tentunya bisa berdampak negatif pada keuangan bisnis di masa depan.

Kini banyak perusahaan yang telah menyadari bahwa menggunakan kertas dan software spreadsheet untuk membuat laporan keuangan sangat tidak efisien. Inilah mengapa fitur manajemen laporan keuangan menjadi salah satu kebutuhan utama mereka.

Dengan software akuntansi terbaik, berbagai jenis laporan keuangan dapat dibuat secara instan. Software akuntansi yang baik pasti menyediakan data keuangan real-time dan terlokalisasi sesuai dengan peraturan keuangan di Indonesia.

2. Manajemen Faktur & Transaksi

Manajemen faktur dan transaksi adalah salah satu fitur yang sangat penting terutama bagi perusahaan dagang dan manufaktur. Mengelola faktur dalam bentuk kertas sangat merepotkan manajer keuangan ketika mencari riwayat transaksi atau faktur yang belum dibayar. Selain itu, faktur kertas juga sangat mudah rusak dan hilang.

Manajemen faktur erat kaitannya dengan pengelolaan utang dan piutang, sehingga ini berpengaruh terhadap arus kas perusahaan. Software akuntansi membuat manajemen faktur dan transaksi menjadi sangat sederhana dan mudah.

Software akuntansi memudahkan manajer keuangan mengelola tagihan klien dan melihat riwayat transaksi, karena semuanya disimpan secara terpusat. Software keuangan yang baik juga menyediakan fungsi reminder untuk faktur yang pembayarannya belum diselesaikan.

3. Manajemen Laba/Rugi Nilai Tukar

Perusahaan yang biasa melakukan transaksi dengan pemasok atau klien yang menggunakan mata uang asing biasanya kesulitan untuk melihat laba rugi yang mereka hasilkan dari setiap transaksi. Software akuntansi membuat penghitungan laba rugi nilai tukar ini menjadi jauh lebih mudah.

Dengan software keuangan, laba rugi yang terealisasi dan belum terealisasi dapat terlacak dengan mudah. Laba rugi terealisasi akan secara otomatis dihitung jika ada selisih antara kurs yang dimasukkan pada saat pembayaran faktur di periode yang sama. Sedangkan laba rugi yang belum terealisasi atau yang masih dalam bentuk utang dan piutang dapat dihitung di setiap akhir bulan.

4. Cash Flow Forecasting

Cash flow forecasting (prakiraan arus kas) mungkin saat ini adalah fitur software akuntansi terbaik yang paling dibutuhkan oleh perusahaan. Sayangnya, hanya beberapa software keuangan yang menyediakan fitur berharga ini, salah satunya adalah software keuangan Jurnal dari Mekari.

Fitur cash flow forecasting membantu perusahaan memprediksi pendapatan, keuntungan, biaya pengeluaran, hingga kerugian bisnis mereka di masa depan. Ini tentunya sangat membantu bisnis dalam mengatur dan mengalokasikan anggarannya. Prediksi arus kas juga sangat berguna ketika perusahaan sedang mencari investor, sebab pemangku kepentingan eksternal perlu meninjau prospek perusahaan sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

5. Manajemen Depresiasi Aset

Setiap perusahaan tentu memiliki aktiva sebagai bagian dari asetnya. Aktiva merupakan aset perusahaan, baik berwujud maupun tidak berwujud, yang dapat dinilai dengan uang.
Aktiva tetap adalah aset berwujud yang sifatnya relatif tahan lama dan biasanya digunakan perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa. Dikarenakan pemakaian yang berkala, maka biasanya nilainya turun dari waktu ke waktu. Software keuangan membantu perusahaan menghitung penyusutan aset mereka secara otomatis hanya dalam hitungan detik.

Bagaimana Caranya Menemukan Software Akuntansi yang Tepat untuk Bisnis Anda?

Kini Anda telah mengetahui fitur-fitur software akuntansi yang paling banyak dicari oleh perusahaan. Sayangnya, tidak semua software keuangan di Indonesia menyediakan fitur-fitur tersebut. Akibatnya, banyak perusahaan yang menggunakan lebih dari satu sistem untuk melengkapi kekurangan dari sistem lainnya.

Untuk dapat menemukan software akuntansi yang terbaik, perusahaan harus terlebih dahulu  memahami kebutuhannya. Selanjutnya, perusahaan perlu membuat rangkuman terkait solusi yang diharapkan dan mengetahui siapa saja yang akan mendapatkan manfaat dari software akuntansi terbaik yang akan diimplementasikan. Kemudian, perusahaan harus memastikan bahwa sistem akuntansi yang dipilih telah sesuai dengan anggaran mereka dan dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Salah satu software akuntansi terlengkap yang dapat memenuhi kebutuhan unik dari setiap perusahaan adalah Jurnal by Mekari. Software ini menyediakan fitur-fitur yang paling dibutuhkan oleh banyak perusahaan, termasuk kelima fitur yang disebutkan di atas. Software ini juga dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan khusus perusahaan, yang mungkin tidak dibutuhkan oleh perusahaan yang lain.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai software keuangan Jurnal, silakan kunjungi situs web Jurnal.
 

Penulis : Infomercial
Editor: Infomercial
Berita Terkait