Deddy Mizwar Wali Nikah Ria Ricis, Bagaimana Aturan Syarat dan Urutan Orang yang Bisa Menjadi Wali Nikah?

Redaksi | 13 November 2021 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Deddy Mizwar menjadi wali nikah Ria Ricis saat dinikahi oleh Teuku Ryan. Apa hubungan Deddy Mizwar dengan Ria Ricis? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut.

Wanita Muslimah yang menikah harus berdasarkan persetujuan walinya. Wali nikah adalah laki-laki yang berasal dari pihak laki-laki keluarga mempelai wanita. Tugas seorang wali nikah adalah untuk mengawasi saat akad nikah berlangsung, atau bahkan langsung menikahkan alias ijab kabul dengan mempelai pria jika tidak diwakilkan kepada petugas pencatat pernikahan dari KUA atau biasa disebut penghulu.

Pada prosesi pernikahan, tidak sembarang orang dapat menjadi wali dan saksi nikah. NU Online melansir 5 persyaratan yang harus dipernuhi untuk menjadi wali nikah.

Beragama Islam
Seorang wali nikah haruslah muslim. Oleh karena itu, jika ia kafir, maka pernikahan tidak sah, kecuali dalam keadaan-keadaan tertentu.

Baligh
Wali nikah harus baligh yang mana bisa bertanggung jawab untuk urusan orang lain, termasuk menikahkan perempuan perwaliannya.

Berakal Sehat
Berakal sehat ini berarti tidak memiliki gangguan jiwa dan tidak dalam keadaan mabuk.

Laki-laki
Laki-laki menjadi syarat utama sebagai wali nikah.

Adil
Adil artinya orang yang dapat menjaga diri, kehormatan dan martabat keluarganya.

 

Urutan orang yang bisa menjadi wali nikah

Dilansir dari laman NU Online, urutan orang yang bisa menjadi wali nikah adalah sebagai berikut.

  1. Ayah kandung
  2. Kakek dari pihak ayah kandung.
  3. Saudara lelaki kandung mempelai wanita yang se-ayah dan ibu. Bisa  kakak atau adik.
  4. Saudara lelaki se-ayah, atau saudara lelaki mempelai wanita yang se-ayah namun beda ibu.
  5. Paman atau lelaki yang merupakan saudara kandung ayah. Baik yang lebih tua dari ayah ataupun lebih muda. Prioritas adalah yang paling tua diantara mereka.
  6. Anak lelaki paman dari pihak ayah. Atau lebih jelasnya, saudara sepupu laki-laki yang merupakan anak dari saudara kandung lelaki dari ayah kandung mempelai wanita.

Jika dari keenam daftar urutan wali nikah tersebut tidak ada, maka orang yang bisa menjadi wali nikah adalah wali hakim. Wali hakim biasanya yang ditunjuk dan disahkan oleh KUA.

Kembali ke pertanyaan awal, apa hubungan Deddy Mizwar dengan Ria Ricis? Mengingat saat akad nikah, Deddy yang berjabat tangan dan melakukan ijab kabul dengan Teuku Ryan. Apakah Deddy Mizwar termasuk dari 6 kategori urutan orang yang bisa menjadi wali nikah Ria Ricis?

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait