5 Tips Mengajukan Pinjaman Uang Secara Online

Redaksi Senin, 22 November 2021 23:59:25
Ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Mengajukan pinjaman uang saat ini bukanlah perkara sulit. Banyak peminjam yang mempermudah syarat dan ketentuan pengajuan, sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengajukan pinjaman.

Ditambah, munculnya pinjaman uang secara online, yang membuat proses pengajuan bisa dilakukan kapan saja tanpa perlu keluar rumah.

Dibalik kemudahan dalam pengajuan tersebut, terdapat risiko besar yang menanti, seperti terjadinya penipuan. Oleh karena itu, masyarakat perlu lebih teliti dan hati-hati sebelum melakukan pinjaman uang secara online.

Agar terhindar dari penipuan atau hal yang tidak diinginkan, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan sebelum mengajukan pinjaman uang secara online.

1. Terdaftar di OJK
Melakukan pengecekan legalitas perusahaan pinjaman online menjadi langkah pertama yang penting untuk diperhatikan. Pinjaman online dapat dikatakan resmi dan terpercaya jika sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pengecekan tersebut bisa dilihat dari situs resmi perusahaan, apakah terdapat logo OJK atau tidak. Selain itu, pengecekan juga bisa dilihat langsung di situs website OJK.

2. Pastikan Biaya Tagihan dan Bunga Pinjaman Transparan
Setelah mengecek legalitas perusahaan, kamu juga perlu memperhatikan biaya tagihan dan bunga yang akan dibayarkan nantinya. Pinjaman online yang baik akan memberikan data biaya tagihan dan bunga pinjaman secara transparan kepada nasabah.

Jangan sampai, kamu termakan tawaran pinjaman online yang mudah  dengan proses pencairan dana cepat, tetapi sebenarnya pinjaman tersebut terdapat bunga yang mencekik.

3. Memahami Syarat dan Ketentuan yang Berlaku
Sebelum mengajukan pinjaman online, pastikan telah memahami seluruh syarat dan ketentuan yang diberikan. Bacalah dengan seksama agar tidak ada kesalahan dalam proses pengajuan atau proses pembayaran nantinya.

Sebab, banyak kasus terjadinya masalah pengembalian pinjaman akibat nasabah yang tidak teliti dalam membaca syarat dan ketentuan pinjaman. Apabila terdapat kesulitan dalam memahami syarat dan ketentuan pinjaman, nasabah bisa langsung menghubungi Customer Service dari aplikasi pinjaman online tersebut.

4. Usahakan Tidak Telat Membayar Tagihan
Salah satu biaya tambahan dalam pinjaman online yaitu denda keterlambatan. Jadi, ketika terdapat keterlambatan membayar, kamu akan dikenakan denda sebesar ketentuan yang berlaku.

5. Sesuaikan dengan Kebutuhan
Tips terakhir dan menjadi hal paling penting adalah menyesuaikan pinjaman dengan kebutuhan. Kemudahan pengajuan yang diberikan pihak pemberi pinjaman, sering kali disalahgunakan oleh sebagian orang. Kamu perlu menahan diri untuk tidak melakukan pinjaman online secara berlebih. Pinjamanlah sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan. 

Keuangan kamu masih bisa dibilang sehat, jika, besaran pengeluaran pinjaman tidak lebih dari 30% total penghasilan bulanan kamu.

Jangan sampai kamu melakukan pinjaman berlebih, dan menghasilkan tagihan yang membengkak setiap bulannya. Terlebih, jika kamu melakukan pinjaman hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumtif.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa diterapkan sebelum melakukan pinjaman online. Meski pinjaman online mempermudah dalam mendapatkan dana, tetaplah bijak dalam menggunakannya.

Kamu perlu memilih jenis pinjaman uang yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Agar lebih mudah dalam menentukan pilihan pinjaman uang, kamu bisa lakukan perbandingan di CekAja.com. Pengajuannya sangatlah cepat dan mudah, terlebih proses pengajuan dilakukan secara online


Penulis Redaksi
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore