Ameer Azzikra Meninggal Akibat Infeksi Liver, Ini Gejala Penyakit Liver yang Perlu Anda Tahu

Ari Kurniawan Senin, 29 November 2021 10:30:09
Ameer Azzikra meninggal dunia akibat infeksi liver. (dok.Instagram)

TABLOIDBINTANG.COM - Putra kedua Ustadz Arifin Ilham, Muhammad Ameer Azzikra, meninggal dunia. Ameer menghembuskan napas terakhirnya pada Senin, pukul 01.05 WIB, usai berjuang melawan penyakit liver. 

Penyakit liver adalah istilah yang digunakan untuk setiap gangguan pada liver atau hati yang menyebabkan organ ini tidak dapat berfungsi dengan baik. Hati merupakan organ yang dapat melakukan regenerasi dengan cepat untuk mengganti sel-selnya yang rusak. Akan tetapi, jika sel-sel yang rusak cukup banyak, fungsi dan kerja hati dapat terganggu. 

Biasanya, fungsi hati akan mulai terlihat penurunannya ketika kerusakan sel-sel hati mencapai 75 persen. Tak hanya bisa dialami oleh orang dewasa, penyakit liver juga bisa dialami oleh anak-anak dan bayi.

Penurunan fungsi hati umumnya terjadi secara bertahap. Tahapan kerusakan yang terjadi akan mengikuti perkembangan penyakit yang mendasarinya dan seberapa besar kerusakan jaringan hati yang dialami. Penyakit liver memiliki beragam jenis, namun beberapa gejala dan keluhannya sering kali mirip satu sama lain.

Dikutip dari alodokter.com, gejala penyakit liver pada tiap orang bisa berbeda-beda, tergantung pada jenis dan penyebabnya. Namun, secara umum ada beberapa gejala yang bisa muncul akibat penyakit liver, yaitu:

- Mual dan muntah
- Nafsu makan menurun bahkan menghilang
- Gairah seksual (libido) menurun
- Rasa lelah yang berlebihan
- Warna feses berubah menjadi pucat atau kehitaman
- Warna urine berubah menjadi gelap
- Kulit dan mata menjadi kuning atau penyakit kuning
- Kulit terasa gatal dan mudah memar
- Perut terasa nyeri dan membengkak
- Tungkai dan kaki membengkak
- Jika disebabkan oleh infeksi atau peradangan pada jaringan hati (hepatitis) mungkin akan - muncul keluhan atau gejala, seperti demam atau nyeri perut kanan atas.

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika Anda mengalami gejala-gejala di atas. Anda juga disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan ke dokter jika memiliki faktor atau kondisi yang bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit liver.


Penulis Ari Kurniawan
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore