Seiring Bertambahnya Usia, Kehidupan Seks Anda Juga Akan Mengalami Perubahan

Redaksi Kamis, 2 Desember 2021 09:30:54
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Seks bukan hanya untuk kaum muda. Banyak manula yang terus menikmati kehidupana seks mereka hingga usia 80-an dan seterusnya. Kehidupan seks yang sehat tidak hanya membahagiakan, tapi juga baik untuk aspek lain dari kehidupan Anda, termasuk kesehatan fisik dan harga diri Anda.

Tapi seiring bertambahnya usia pada pria, kadar testosteron menurun dan perubahan fungsi seksual sering terjadi. Perubahan fisiologis ini dapat mencakup beberapa hal. 

-Ada kebutuhan akan lebih banyak rangsangan untuk mencapai dan mempertahankan ereksi dan orgasme

-Orgasme lebih pendek

-Ejakulasi yang kurang kuat dan lebih sedikit sperma

-Waktu yang lebih lama diperlukan untuk mencapai ereksi lagi setelah ejakulasi

Anda mungkin merasa cemas tentang perubahan ini, tapi ingatlah bahwa perubahan itu tidak harus mengakhiri kenikmatan seks Anda. Beradaptasi dengan tubuh Anda yang berubah dapat membantu Anda mempertahankan kehidupan seks yang sehat dan memuaskan. Misalnya, Anda mungkin perlu menyesuaikan rutinitas seksual Anda untuk memasukkan lebih banyak rangsangan.

Kesehatan Anda dapat berdampak besar pada kehidupan seks dan kinerja seksual Anda. Kesehatan yang buruk atau kondisi kesehatan kronis, seperti penyakit jantung atau radang sendi, membuat seks dan keintiman lebih menantang.

Operasi tertentu dan banyak obat, seperti obat tekanan darah, antihistamin, antidepresan, dan obat penghambat asam, dapat memengaruhi fungsi seksual. Tapi jangan menyerah. Anda dan pasangan bisa bereksperimen dengan cara beradaptasi dengan keterbatasan Anda.

Misalnya, jika Anda khawatir berhubungan seks setelah serangan jantung, bicarakan dengan dokter Anda tentang kekhawatiran Anda. Jika nyeri arthritis adalah masalah, cobalah posisi seksual yang berbeda atau coba gunakan panas untuk mengurangi nyeri sendi sebelum atau sesudah aktivitas seksual.

Tetap positif dan fokus pada cara menjadi seksual dan intim yang berhasil untuk Anda dan pasangan.

Pada usia berapa pun, masalah emosional dapat memengaruhi kehidupan seks Anda. Banyak pasangan yang lebih tua melaporkan kepuasan yang lebih besar dengan kehidupan seks mereka karena mereka memiliki lebih sedikit gangguan, lebih banyak waktu dan privasi, dan tidak ada kekhawatiran tentang kehamilan.

Di sisi lain, beberapa orang dewasa yang lebih tua merasa tertekan oleh masalah kesehatan, masalah keuangan dan perubahan gaya hidup lainnya. Depresi dapat menurunkan keinginan dan minat Anda pada seks. Jika Anda merasa mungkin mengalami depresi, bicarakan dengan dokter atau konselor Anda.

Sumber: mayoclinic.org


Penulis Redaksi
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore