Tip Menjaga Hubungan Seks Tetap Membara di Usia Tua

Redaksi Kamis, 2 Desember 2021 10:30:27
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Seks tidak lagi sama untuk Anda atau pasangan Anda seperti ketika Anda masih muda. Tapi seks dan keintiman dapat terus menjadi bagian yang berharga dalam hidup Anda. Berikut adalah beberapa tip untuk menjaga kehidupan seks yang sehat dan menyenangkan bagi Anda yang sudah berusia senior:

Bicaralah dengan pasangan. Meskipun sulit untuk membicarakan seks, berbagi kebutuhan, keinginan, dan kekhawatiran Anda secara terbuka dapat membantu Anda berdua lebih menikmati seks dan keintiman.

Kunjungi dokter Anda. Dokter Anda dapat membantu Anda mengelola kondisi kronis dan obat-obatan yang memengaruhi kehidupan seks Anda. Jika Anda kesulitan mempertahankan ereksi, tanyakan kepada dokter Anda tentang perawatannya.

Temui terapis seks. Seorang terapis mungkin dapat membantu Anda dan pasangan dengan masalah tertentu. Mintalah rujukan dari dokter Anda.

Perluas definisi Anda tentang seks. Hubungan intim hanyalah salah satu cara untuk memiliki kehidupan seks yang memuaskan. Menyentuh, mencium, dan kontak intim lainnya dapat bermanfaat bagi Anda dan pasangan.

Seiring bertambahnya usia, normal bagi Anda dan pasangan untuk memiliki kemampuan dan kebutuhan seksual yang berbeda. Bersikaplah terbuka untuk menemukan cara baru untuk menikmati kontak seksual dan keintiman.

Sesuaikan rutinitas Anda. Perubahan sederhana dapat meningkatkan kehidupan seks Anda. Ubah waktu Anda berhubungan seks menjadi waktu di mana Anda memiliki energi paling banyak. Cobalah pagi hari — saat Anda segar kembali dari tidur malam yang nyenyak — daripada di penghujung hari yang panjang.

Karena mungkin butuh waktu lebih lama bagi Anda atau pasangan untuk terangsang, luangkan lebih banyak waktu untuk mengatur panggung romansa. Cobalah posisi seksual baru atau jelajahi cara lain untuk terhubung secara romantis dan seksual.

Jangan menyerah pada romansa. Jika Anda kehilangan pasangan, mungkin sulit membayangkan memulai hubungan lain — tetapi bersosialisasi sangat berharga bagi banyak manula lajang. Tidak ada yang melampaui kebutuhan akan kedekatan emosional dan keintiman.

Jika Anda memulai hubungan intim dengan pasangan baru, gunakan kondom. Banyak orang dewasa yang lebih tua tidak menyadari bahwa mereka masih berisiko terkena infeksi menular seksual, seperti herpes dan gonore.

Satu nasihat terakhir untuk menjaga kehidupan seks yang sehat: Jaga diri Anda dan tetap sesehat mungkin: Makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, jangan minum alkohol terlalu banyak, jangan merokok, temui dokter Anda secara teratur, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan kronis atau minum obat resep.

Sumber: mayoclinic.org


Penulis Redaksi
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore