Tak Hanya Bikin Tubuh Langsing, Ini Manfaat Olahraga Untuk Kecantikan Kulit

Vallesca Souisa Minggu, 5 Desember 2021 13:00:55
Ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Olahraga. Satu kata ini terdengar sangat familiar dan simple. Tapi bagi wanita, sangat sulit melakukannya. Kendala utamanya adalah rasa malas. Penginnya, sih, langsing, tapi memulai olahraga susah banget. Kalau saat ini belum memulai juga aktivitas olahragamu, sebenarnya sayang. Karena olahraga memiliki banyak manfaat. Nggak hanya membuat tubuhmu bugar dan langsing, tapi juga memiliki kontribusi yang cukup signifikan bagi kecantikan kulit, lho. Bilan dikakukan secara rutin, apa saja manfaatnya bagi kecantikan kulit? 

1. Membuat Kulit Bersemu merah

Olahraga membuat jantung memompa darah lebih intens ke seluruh tubuh. Pembuluh darah akan melebar selama dan sesudah berolahraga. Hal ini terlihat terutama pada permukaan kulit. Warna kulit akan bersemu merah, terutama pipi, sehingga terlihat cantik alami tanpa perona pipi. Pembuluh darah yang melebar ini menghantarkan oksigen dan nutrisi ke kulit sehingga kulit mendapatkan pasokan berbagai zat gizi lebih 
Banyak

2. Pori-pori kulit terbuka

Olahraga menambah panas mesin tubuh. Untuk menghindari kenaikan suhu yang ekstrem, badan mengeluarkan keringat untuk mendinginkan. Pori-pori kulit lebih terbuka sehingga kemungkinan pori-pori tersumbat dan timbul komedo maupun jerawat menjadi lebih kecil. Pembuangan radikal bebas dan kotoran hasil metabolisme tubuh mengalir dan terbilas dengan baik lewat keringat.

3. Kulit sehat bebas pengaruh stres

Olahraga memicu keluarnya hormon endorfin yang menyebabkan rasa senang dan bahagia, sehingga mengurangi tingkat stres. Beberapa kondisi kulit yang terkait dengan stres seperti eksim dan jerawat juga dilaporkan berkurang pada beberapa penelitian. Selain itu produksi hormon DHEA dan DHT juga terkontrol, sehingga mereduksi jumlah jerawat yang lain.

4. Menjaga elastisitas kulit

Olahraga memicu terbentuknya kolagen yang berfungsi sebagai bahan pembentuk elastisitas kulit dan mempercepat regenerasi sel kulit yang selalu mati karena gesekan baju, paparan sinar matahari, atau pun polutan yang lain.


Penulis Vallesca Souisa
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore