Antisipasi Siswa Salah Pilih Jurusan, Pahamify Hadirkan Pahamify Campus Fair 2021

Redaksi | 8 Desember 2021 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sebagai platform belajar digital, PT Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) berkomitmen untuk mendampingi proses belajar siswa demi menggapai impian. Bantuan tidak terbatas pada memberikan pemahaman terhadap materi pelajaran, tetapi juga menyelenggarakan kegiatan yang mampu memperluas pengetahuan dan pengalaman siswa. Kali ini, Pahamify menyelenggarakan Pahamify Campus Fair 2021 untuk berbagi informasi menyeluruh terkait berbagai jurusan dari perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Gelaran yang dilaksanakan pada 21 hingga 26 November 2021 ini ditujukan kepada siswa SMA sederajat, khususnya kelas 12 dan gap year untuk memperoleh gambaran tentang jurusan yang ingin dituju. Pahamify Campus Fair 2021 dibuka secara resmi oleh Chief Executive Officer (CEO) Pahamify Syarif Rousyan Fikri bersama Direktur Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika RI I Nyoman Adhiarna pada Minggu (21/11). Hingga akhir pelaksanaannya, tercatat lebih dari 14.000 peserta mengikuti rangkaian acara yang terdiri dari 2 webinar utama dan 60 talkshow bersama lebih dari 100 orang pembicara.

“Pelaksanaan Pahamify Campus Fair 2021 memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengupas tuntas jurusan impiannya bersama mahasiswa dan alumni jurusan terkait. Kami tidak ingin pelajar Indonesia salah jurusan karena hal tersebut akan mempengaruhi upaya mereka untuk terus menggali potensi secara maksimal,” urai Fikri.

Sementara Nyoman mengatakan, “Kami mengapresiasi penyelenggaraan Pahamify Campus Fair 2021 mengingat kegiatan ini sejalan dengan visi Kominfo. Direktorat Ekonomi Digital Kementerian Kominfo RI saat ini berupaya untuk mendorong transformasi digital, termasuk dalam sektor pendidikan sehingga proses belajar dan mengajar menjadi lebih optimal. Diharapkan siswa dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik.”

Pahamify Campus Fair 2021 hadir untuk mengantisipasi kesalahan siswa dalam memilih jurusan yang kurang sesuai dengan minat dan potensi mereka. Ahli observasi anak sekaligus penemu observasi bakat (talents observation) Andri Fajria menyatakan bahwa 87% mahasiswa di Indonesia merasa salah jurusan. 

Pada hari pertama pelaksanaannya, Fikri mengisi materi webinar dengan topik ‘Selangkah Menuju Masa Depan’. Kemudian dilanjutkan oleh Founder Yayasan Mimpi Besar Indonesia Robinson Sinurat dengan topik ‘Cari Tahu Jurusan Terbaik versi Kamu’.  Sementara itu, webinar kedua dilaksanakan pada Sabtu (26/11) mengangkat tema ‘Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Perjuangan Menggapai Cita-Cita’ bersama Psikolog Anak dan Remaja Ajeng Raviando, Aktivis Kesehatan Mental Naajmi Wicaksono, serta Founder Komunitas Sadari Sekarang Monica Puja Azzahra.

“Melalui Pahamify Campus Fair 2021, kami berharap siswa terdorong untuk mencari tahu lebih banyak seputar informasi kuliah, kehidupan di kampus, hingga prospek dari jurusan yang diminati. Semoga gelaran ini memberikan kemantapan bagi siswa dalam memilih jurusan sehingga dapat fokus menuntut ilmu dan selalu termotivasi karena masuk di jurusan yang sesuai dengan minat dan potensi yang dimiliki,” tutup Fikri.
 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait