Tips Memilih Pinjaman Online yang Aman, Begini Caranya!

Redaksi Jumat, 17 Desember 2021 03:00:08
ilustrasi (depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Kondisi pandemi tentunya mempengaruhi penghasilan setiap orang, baik pekerja maupun pedagang. Hal ini membuat kebutuhan masyarakat terhadap aliran dana dari sumber lain meningkat.

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan untuk memenuhi keperluan hidup terutama di masa pandemi, suntikan dana sangat diperlukan termasuk dalam bentuk pinjaman.

Meski begitu, kerap kali orang-orang merasa ragu dengan sistem yang digunakan oleh pemberi pinjaman. Seringkali, terdapat banyak faktor penyebab nasabah menjadi pihak yang dirugikan.

Seperti pedestrian yang sulit, jaminan atau bunga pinjaman yang kian memberatkan nasabah. Padahal, salah satu alasan para nasabah melakukan peminjaman adalah untuk meringankan beban hidup mereka.

Maka, di saat ini tentu tidaklah mudah untuk memperoleh pinjaman guna menopang kehidupan sehari-hari. Tetapi, dengan berkembangnya teknologi maka Anda tidak perlu khawatir mencari pinjaman yang aman, mudah dan cepat. Saat ini banyak pinjaman online yang dapat diandalkan.

Lalu, apa yang perlu diperhatikan saat meminjam uang melalui pinjaman online?

1.      Pastikan Pinjaman Online terdaftar OJK

Hal pertama yang harus Anda pastikan adalah pinjaman online yang Anda tuju telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Agar nantinya bunga pinjaman tidak semakin memberatkan, data terjaga, serta adanya transparansi.

 

2.       Persyaratan Masuk Akal

Jangan merasa senang seandainya persyaratan yang diminta begitu mudah seperti hal nya hanya dimintai KTP. Pasalnya, seringkali hal tersebut merupakan motif penipuan.

Setidaknya, persyaratan yang diminta untuk dipersiapkan oleh nasabah pada umumnya seperti KTP, bukti transaksi bank selama 3 bulan terakhir, bukti riwayat kredit sebelumnya, NPWP, hingga SIUP (untuk para pebisnis).

3.      Transparan terhadap segala Biaya dan Bunga

Sebagai nasabah Anda berhak mengetahui besaran bunga, biaya administrasi, biaya denda serta biaya lainnya. Ini dimaksudkan supaya Anda tidak merasa cemas akan adanya hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya.

4.    Memiliki Kontak yang Jelas

Saat hendak mencari pinjaman, pastikan pinjaman online yang Anda pilih memiliki kontak yang jelas. Hal ini untuk memudahkan Anda apabila mendapati kendala atau berkonsultasi dengan pihak terkait.

5.      Memiliki Situs Resmi

Ciri dari sebuah pinjaman online yang baik adalah memiliki situs resmi. Situs resmi ini sendiri merupakan salah satu persyaratan yang harus dimiliki oleh sebuah fintech terpercaya.

Situs resmi dari pinjaman online sendiri pun merupakan situs yang berisikan informasi terpercaya mengenai produk yang mereka tawarkan.

Mengingat sulitnya memperoleh pinjaman yang sesuai dengan harapan, maka kami merekomendasikan Anda untuk melakukan pinjaman melalui fintech terpercaya CekAja.com.

Karena  telah bekerjasama dengan OJK, Bank Indonesia, Fintech Indonesia serta lebih dari 50 institusi finansial dalam menghadirkan produk terbaik.


Penulis Redaksi
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore