Akibat Stres Berlebih, Ibu Bisa Rugikan Diri Sendiri, Anak dan Keluarga

Redaksi Kamis, 23 Desember 2021 02:30:27
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Jadi ibu yang multitasking bukan perkara mudah apalagi saat pandemi Covid-19 melanda. Psikolog klinis anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, menjabarkan beragam faktor pemicu stres ibu. Pertama, permasalahan ekonomi. Kedua, kesulitan menangani pengasuhan serta kegiatan sekolah anak dari rumah. Ketiga, faktor internal lain seperti, toxic positivity yang merupakan kondisi untuk selalu berpikir dan bersikap positif. Ini juga memengaruhi kondisi mental ibu. Anna menyebut pada dasarnya semua jenis emosi ada manfaatnya dan boleh dialami secara wajar. Stres pun dibutuhkan untuk membuat orang lebih bersemangat.

“Namun jika stres berlebihan, ibu bisa merugikan anak, diri sendiri dan seluruh keluarga. Perlu diketahui bahwa kondisi tubuh terkait erat dengan kondisi psikis,” kata Anna dalam siaran pers yang kami terima pekan ini. Kuncinya menenangkan diri, lakukan kebiasaan baik, dan jika masalah berlanjut jangan ragu konsultasi kepada ahli. Anna mengakui, kesadaran akan kesehatan mental ibu masih minim. Faktor lingkungan dan budaya memengaruhi. “Karenanya dukungan emosional dari lingkungan sekitar, khususnya keluarga di rumah sangat dibutuhkan agar ibu tidak merasa sendirian dan tetap semangat,” imbuhnya.

Berkaca pada data dan ulasan ini, Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui Sahabat Bunda Generasi Maju (SBGM) menyelenggarakan webinar bertema “Mengelola Emosi Positif Bunda dalam Pengasuhan si Kecil,” pada Rabu (22/12/2021) sebagai wujud apresiasi untuk para bunda sekaligus merayakan Hari Ibu. Dalam kesempatan itu, Head of Careline dan Communities Danone SN Indonesia, Flora Pramasari, mengapresiasi para ibu.

“SBGM bagian dari Danone SN Indonesia yang berperan mendampingi ibu di sepanjang masa penting perjalanan mereka mendukung si kecil menjadi Anak Generasi Maju, termasuk pada periode 1.000 hari pertama kehidupan. Tahun ini SBGM mendampingi lebih dari 200 ribu orangtua di seluruh Indonesia dengan menjawab pertanyaan mereka mengenai nutrisi dan lain-lain. Kami berterima kasih dan berkomitmen mendukung para ibu,” ujar Flora.


Penulis Redaksi
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore