Orang Tua Wajib Tahu, Ini 10 Hal yang Dapat Menstimulasi Kinerja Otak Anak

Redaksi Sabtu, 25 Desember 2021 06:14:58
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Kinerja otak yang baik kerap diasosiasikan dengan kreativitas. Skill yang satu ini juga dianggap secara luas sebagai salah satu kunci paling penting dalam perkembangan karir. Itulah mengapa ada banyak orang tua yang sibuk untuk mencari cara menstimulasi kreativitas anak mereka sejak dini. Jika Anda adalah salah satunya, maka berikut sepuluh rekomendasi untuk menstimulasi kinerja otak anak.

1. Beri Anak Kebebasan Penuh

Untuk mengembangkan kreativitas anak biarkan dia menggunakan semua bentuk ekspresif yang dimilikinya: mewarnai, menulis, menggambar, menari, berolahraga, berkebun, menulis puisi, bermain teater, memasak, bermain konstruksi dan masih banyak kegiatan aktif lainnya.

2. Dorong Ekspresi Pribadinya

Untuk dapat menstimulasi perkembangan otak ke arah yang tepat, anak harus berperan aktif dalam kehidupan sehari-harinya. Ajukan semua aktivitas yang Anda inginkan, tetapi jangan memaksakan selera atau hasrat Anda padanya. Karena faktanya, kreativitas sangat terkait dengan inisiatif.

3. Jangan Menilai Hasil Akhirnya

Kreativitas bukan hanya tentang mereproduksi sesuatu hal yang sudah ada. Jadi, biarkan anak untuk untuk mewujudkan apapun yang ada dalam pikirannya ke dalam gambarnya sendiri.

4. Bantu Kepekaan Emosionalnya

Ketakutan adalah musuh kreativitas. Karena itu, penting untuk mengajari anak cara mengelola ketakutan dengan baik. Metode yang terbaik untuk melakukan hal ini adalah mendorongnya secara perlahan sembari mengajarkan cerita dongeng, di mana pahlawan mengungkapkan ketakutannya dan kemudian mengatasinya. Dengan cara ini, anak akan secara masif terbantu untuk mengungkapkan perasaan mereka.

5. Bantu Mengembangkan Kemampuannya

Untuk mengembangkan kreativitas dan kecerdasannya, anak membutuhkan pengalaman yang bervariasi terkait dengan inderanya. Konsep ini mungkin sangat akut untuk seorang anak karena mereka berada dalam usia dimana semua hal adalah hal yang baru. Untuk itu, ajak ia untuk bereksperimen dengan segala sesuatu yang berbeda seperti bau, warna, rasa dsb.

6. Biarkan Daya Ciptanya Berjalan Bebas

Anak-anak, menurut psikoterapis, tidak boleh "dikurung" di tempat-tempat yang sangat aman dengan benda-benda yang dirancang khusus untuk mereka. Karena apa? Karena pengetahuan akan hal baru akan memberi mereka pengalaman yang jauh lebih kuat.

7. Menemani Minatnya pada Alam

Pada rentang umur 4 sampai 7 tahun, anak-anak biasanya akan sangat tertarik dengan alam sekitarnya. Karena itu, biarkan dia belajar menumbuhkan bibit, mengamati binatang dan juga belajar berinteraksi dengan alam  di sekitarnya. 

8. Masak Bersama

Mengubah tepung, susu, gula, dan telur menjadi sebuah kue adalah proses yang penuh dengan kreativitas. Bila Anda mampu,, biarkan anak menciptakan resepnya sendiri, mencampur bahan pilihannya dan menambahkan aroma kesukaannya.

9. Merangsang Imajinasinya

Cerita pengantar tidur bisa menjadi momen yang tepat untuk kreativitas: mintalah anak Anda untuk menceritakan sebuah kisah kepada Anda. Atau carilah cerita dongeng yang terkenal dan buatlah ending cerita bersama-sama.

10. Belajar Bahasa Asing

Kemampuan berbicara bahasa asing terbukti memberikan tambahan kadar kreativitas dan kemampuan menyelesaikan masalah. Skill yang satu ini juga kini telah menjadi nilai jual paling sakral dalam dunia kerja. 

Mengajarkan anak bahasa asing sejak dini bukan hanya dapat menstimulasi kinerja otaknya tapi juga membuka peluang kerja yang lebih besar untuknya nanti. Apalagi sekarang memilih kursus online sudah semakin mudah berkat resminya beroperasi LingoAce. Platform e-Learning yang fokus pada pembelajaran bahasa Mandarin ini memiliki tiga komponen khusus yang membuatnya menjadi salah satu dari hanya segelintir situs les bahasa Mandarin online dengan pendanaan Seri B dan C.

Tiga komponen tersebut terdiri dari guru native speaker yang kompeten, sistem pengelolaan dan kurikulum yang modern dan juga kelas dengan program belajar yang eksklusif. Harga layanannya yang ramah di kantong juga jadi alasan mengapa LingoAce telah jadi pilihan untuk 300 ribu murid di seluruh dunia. Tunggu apa lagi? Segera ikut kelas free trial gratisnya.


Penulis Redaksi
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore