Kiat Mengurangi Kebiasaan Membuang Makanan

Redaksi Selasa, 4 Januari 2022 09:00:18
Ilustrasi (depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Seringkali membuang-buang makanan. Mampu membeli dalam jumlah banyak, tapi ternyata tidak terlalu membutuhkannya.Makanan pun akhirnya banyak yang terbuang sia-sia, entah karena terlupa atau memang tidak sanggup menghabiskannya.

Ingat, masih banyak orang lain yang tidak seberuntung kita. Selain itu, tidak membuang-buang makanan juga baik dari segi kantong alias lebih hemat pengeluaran.

Empat cara dari Real Simple berikut bisa menjadi solusi.

1. Buat rencana belanja yang terperinci
Sebelum masuk pasar atau supermarket, buat daftar belanja berdasarkan inventaris bahan     makanan yang masih ada di rumah. Dengan cara ini, Anda tidak akan membeli melebihi     kebutuhan. Selain itu, pelajari juga masa kadaluarsa makanan, sehingga Anda tidak akan membeli terlalu banyak bahan makanan yang mudah rusak.

2. Ingat selalu rotasi
Ikuti metode baku pergudangan, FIFO (first in, first out). Atur tata letak penyimpanan di dalam lemari pendingin. Barang baru di belakang, barang lama di depan (mudah terjangkau). Hal yang sama berlaku untuk makanan kemasan. Biasakan untuk lebih dulu menghabiskan bahan makanan sisa sebelum membuka yang baru.  

3. Manfaatkan kelebihan bahan makanan
Oke, rotasi makanan sudah dilakukan. Tapi, tetap ada kelebihan bahan makanan yang masa kadaluarsanya sudah dekat. Coba manfaatkan sebanyak-banyaknya kelebihan bahan makanan dengan cara menggandakan takaran pada resep atau membekukannya dalam freezer--jika keadaan benar-benar mendesak.  

4. Jangan ragu "membungkus"
Ayo, berapa banyak dari Anda yang sehari-hari makan di luar? Jangan malu atau gengsi untuk meminta pelayan membungkuskan sisa makanan. Mungkin di rumah ada anggota keluarga yang bersedia menghabiskannya, atrau untuk makan malam Anda sendiri hehehe.


Penulis Redaksi
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore