Hati - hati, 5 Kebiasaan Ini Punya Dampak Buruk terhadap Kesehatan Vagina

Redaksi | 6 Januari 2022 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Organ intim wanita mampu melindungi diri dari infeksi dengan melawan mikroba. Tapi mekanisme pertahanan vagina bakal terganggu dengan sejumlah kebiasaan buru kyang dilakukan wanita.

Diungkap laman Boldsky, berikut 5 kebiasaan yang memiliki dampak buruk terhadap kesehatan vagina.

1. Pakaian dalam berbahan sintetis 

Pakaian jenis ini mungkin membuat Anda merasa nyaman. Namun para ahli kesehatan tidak merekomendasikan digunakan pada siang hari. Celana dalam berbahan sintetis sebaiknya digunakan saat tidur. Karena, jika digunakan pada siang hari bahan sintetis bisa memicu kelembaban pada vagina dan dapat menyebabkan infeksi. Lebih baik menggunakan celana dalam bahan katun saat beraktivitas siang hari.

2. Bentuk pakaian dalam yang tidak tepat 

Bentuk pakaian dalam yang tak tepat bisa berbahaya karena meningkatkan gesekan antara kulit dan celana dalam hingga menyebabkan luka di sekitar kemaluan.

3. Mencukur rambut kemaluan

Tindakan ini juga merupakan salah satu kebiasaan yang dapat membahayakan vagina. Karena rambut di kemaluan menjadi lapisan pelindung untuk meminimalkan gesekan dan juga mengurangi resiko infeksi. Jika Anda mencukurnya, maka kulit di sekitar kemaluan menjadi sangat rentan terhadap infeksi. Yang perlu diperhatikan juga, mencukur rambut kemaluan juga bisa meningkatkan resiko tertular penyakit herpes saat berhubungan seks.

4. Menggunakan cairan pembersih vagina

Hal ini ternyata berbahaya. Cairan pembersih vagina Karena dapat mengganggu keseimbangan alami bakteri dan bisa mengakibatkan infeksi jamur.

5. Terlalu banyak mengomsumsi gula dan makanan pedas

Dua hal tersebut ternyata bisa mengganggu organ kemaluan. Mengonsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan infeksi jamur. 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait