Apa, Sih Manfaatnya Membuat Resolusi di Awal Tahun? 

Vallesca Souisa | 7 Januari 2022 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menjelang atau setelah pergantian tahun, kita sering mendengar kata resolusi. Tak sedikit pula, yang menanyakan kepada kita, apa resolusimu tahun ini? Memang harus banget, ya, membuat resolusi setiap pergantian tahun? Kemudian muncul meme-meme di awal tahun ini tentang resolusi. Sebuah dialog yang berucap, “Tahun ini, resolusi gue mau diet, mau nurunin berat badan.” Lalu, temannya yang mendengar menimpali, “Iya, itu juga resolusi lo, tahun lalu.” Banyak resolusi hanya tinggal wacana belaka memang. Jadi, sebenarnya perlu nggak membuat resolusi, apa manfaatnya? 

Membantu Menentukan Tujuan
Resolusi biasanya berisi hal-hal yang ingin kita lakukan selama satu tahun. Dengan adanya resolusi, sebenarnya kita jadi semacam punya “guidance” atau penuntun untuk menentukan arah, kita mau kemana, mau ngapain aja, mau mencapai target apa, sehingga mendapatkan apa. Jadi, sebenarnya resolusi ada atau dibuat untuk membantu menentukan tujuan. Apa tujuan yang ingin dicapai di tahun ini? 

Memberikan Motivasi
Memang seyogyanya mengawali tahun yang baru dengan semangat baru, energy yang positif. Resolusi ini membantu kita memberikan motivasi, mendorong, memicu, untuk melakukan hal-hal yang positif demi perubahan ke arah yang lebih baik. 

Sebagai Sarana Untuk Instropeksi Diri Juga
Saat memikirkan dan membuat resolusi tahun baru, pasti kita juga melihat lagi kan kebelakang mau nggak mau, apa yang sudah kita lakukan dan dapat, lalu apa yang belum kita capai? Nah, dengan membuat resolusi, berarti secara nggak langsung kita mengevaluasi perjalanan kita lagi lagi, atau instropeksi, sehingga kita menata rencana dan strategi baru, agar setahu kedepan nanti menjadi lebih baik lagi.

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait