Semua orang bisa mengalami gula darah tinggi.

12 Tanda Gula Darah Dalam Tubuh Sedang Tinggi, Anda Harus Waspada

Redaksi Minggu, 9 Januari 2022 04:00:23
Berbagai hal bisa memicu peningkatan kadar gula darah. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Hiperglikemia merupakan istilah untuk kondisi saat glukosa darah sedang tinggi (gula darah). Glukosa darah tinggi terjadi ketika tubuh hanya memiliki sedikit sedikit insulin (diabetes tipe 1) atau ketika tubuh tidak bisa menggunakan insulin dengan benar (diabetes tipe 2).

Apa sih yang bikin gula darah tinggi? Pada dasarnya, berbagai hal bisa memicu peningkatan kadar gula darah. Misalnya saat kondis sedang stres atau karena makan terlalu banyak tapi tidak diimbangi aktivitas fisik yang memadai. Perlu diingat, memiliki gula darah tinggi tidak otomatis berarti Anda memiliki penyakit diabetes. 

Semua orang bisa mengalami gula darah tinggi. Selain penderita diabetes, kondisi ini bisa menimpa mereka yang mengalami serangan jantung, menderita infeksi  parah, atau stroke.

Sebagai deteksi dini, seperti dilansir Healthychallenges, cobalah perhatikan beberapa tanda di bawah ini guna mencegah gula darah tinggi terjadi secara tiba-tiba.

  1. Terjadi penurunan berat badan yang sangat drastis

  2. Sering mengalami kesemutan

  3. Selalu merasakan lapar

  4. Sering merasa haus dan mulut pun sering terasa kering.

  5. Sering buang air kecil, terutama pada malam hari

  6. Kulit terasa kering dan juga gatal

  7. Mudah merasa ngantuk atau sering merasa kelelahan yang ekstrem

  8. Mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi

  9. Berat badan berlebih

  10. Infeksi yang berulang

  11. Penglihatan menjadi buram atau kabur

  12. Penyembuhan luka melambat

Gejala gula darah tinggi di atas dapat memburuk jika keadaan tersebut disertai dehidrasi. Bila tak segera diatasi, penderita bisa menjadi linglung, mudah mengantuk, pusing saat berdiri, sulit bernapas, hingga yang paling gawat, bisa tidak sadarkan diri.

Agar gula darah tinggi tidak berkepanjangan yang kondisi tubuh tidak semakin memburuk, mulailah berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah dan kontrol gula darah secara berkala.

 


Penulis Redaksi
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore