4 Pertanda Anda adalah Seorang yang Pendendam

Redaksi | 12 Januari 2022 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pendendam tentunya bukan sifat yang baik. Seseorang yang pendendam akan dijauhi banyak orang karena sifat tersebut sangatlah menakutkan. 

Ingin tahu apakah Anda termasuk orang yang pendendam atau tidak? Coba deh simak 4 tanda seseorang yang gampang jadi pendendam di bawah ini.

1. Susah tenang karena ingin orang lain merasakan derita yang Anda rasakan

Salah satu tanda orang pendendam adalah sulit merasa tenang sebelum orang lain tahu seperti apa penderitaan yang dirasakan. Anda selalu kepikiran dengan derita yang Anda alami dan ingin membuat orang lain merasakan hal yang sama.

Perasaan tak tenang dan jengkel itu biasanya akan membuat Anda semakin menyimpan dendam yang besar kepada orang lain.

2. Tak segan melakukan cara licik demi membalaskan dendam

Saat yang ada di pikiran hanya ada balas dendam, maka biasanya Anda akan menggunakan berbagai cara untuk membalas dendam kepada orang yang telah menyakiti Anda. Termasuk cara yang paling licik dan kotor sekalipun. Anda akan dengan senang hati melakukannya. 

3. Ingin melihat orang yang menyakiti Anda lebih menderita

Tanda lain yang bisa menunjukkan jika Anda adalah seseorang pendendam adalah saat punya keinginan besar untuk melihat orang yang menyakiti Anda ikut menderita. Bahkan, kalau bisa, orang tersebut lebih menderita dari Anda. Penderitaan orang itu menjadi hal yang paling Anda pikirkan dan prioritaskan.

4. Maaf tak membuat Anda merasakan damai

Saat orang yang menyakiti Anda meminta maaf dan mengakui kesalahannya, seharusnya semuanya berakhir. Namun, jika Anda ttak bisa memaafkannya dan hati Anda masih belum merasa lega dan tetap ingin melihatnya menderita maka bisa disebut jika Anda termasuk orang yang pendendam.

Memaafkan seseorang bukan hal gampang. Namun dengan berbekal niat yang tulus pastinya Anda bisa memaafkan segala kesalahannya kok.

 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait