Mengenal Lagi Yanmar Agricultural Research Institute, Siap Berkontribusi untuk Ibu Pertiwi

Redaksi Minggu, 16 Januari 2022 07:55:20
Yanmar Co., Ltd. menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) membentuk lembaga penelitian yakni Yanmar Agricultural Research Institute - IPB (YARI-IPB).

TABLOIDBINTANG.COM - Memiliki kesamaan visi dalam meningkatkan pembangunan pertanian di Indonesia, Yanmar Co., Ltd. menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) membentuk lembaga penelitian yakni Yanmar Agricultural Research Institute - IPB (YARI-IPB). Dideklarasikan pada 17 Oktober 2014 di Bogor, YARI-IPB telah mengkaji berbagai komoditas pertanian strategis di Tanah Air dari beras, jagung, cabai, hingga daging sapi. Dalam mencari data dan informasi aktual, YARI-IPB turun langsung ke lapangan untuk menyurvei dan menginterviu berbagai pihak yang terlibat dalam rantai produksi pertanian.

Menggandeng para pakar dari berbagai disiplin ilmu, kajian dalam penelitian ini diharapkan mampu menggali sekaligus memahami situasi pertanian Indonesia dari perspektif keteknikan, agronomi, sosial dan ekonomi. “Kami memilih komoditas ini karena sejalan dengan tujuan Kementerian Pertanian RI dalam mencapai Lumbung Pangan Dunia pada 2045 untuk beras, bawang merah, cabai, jagung, gula, kedelai, daging sapi, dan bawang putih,” jelas Direktur YARI-IPB, Dr. Ir. Desrial, M.Eng., lewat siaran pers yang kami terima pekan ini.

Wakil Direktur YARI-IPB, Hiroaki Muraoka, menambahkan, selama tujuh tahun terakhir, lembaga ini mengembangkan beberapa penelitian lapang antara lain kajian untuk menentukan metode budidaya padi dan penggunaan mesin yang optimal. “Kami juga lakukan pengujian lapang untuk mesin pemanen hijauan pakan ternak,” beri tahunya. YARI-IPB menguji dua metode budidaya padi berdasarkan jarak tanam yang umum digunakan petani Indonesia, yaitu jarak tanam persegi (tegel) dan jarak tanam Jajar Legowo.

Selain meneliti produksi tanaman pangan dan pengembangan mesin, YARI-IPB berusaha aktif berkontribusi terhadap pengembangan sumberdaya komunitas. Termasuk, pemberian program magang kepada mahasiswa IPB di Yanmar, Jepang selama satu bulan. “Semua kegiatan ini bagian dari tanggung jawab kami kepada institusi maupun masyarakat. YARI-IPB akan terus berkontribusi aktif menyebarluaskan solusi dan teknologi pertanian ke masyarakat,” ujar Desrial.


Penulis Redaksi
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore