4 Tips Mempersiapkan Anak Usia Dini Ikuti Sekolah Tatap Muka

Redaksi Jumat, 21 Januari 2022 23:00:46
Ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Kegiatan Pertemuan Tatap Muka Terbatas (PTMT) bagi anak prasekolah mulai digalakkan secara rutin sebulan sekali untuk mendorong pemenuhan kebutuhan belajar anak-anak usia dini. Meskipun begitu, bagi sebagian orang tua tidak mudah memberikan pengertian pada anak untuk siap kembali bertemu dan berinteraksi secara langsung di sekolah setelah banyak menghabiskan waktu belajar secara virtual. 

Sebagai Kepala Rumah Main Cikal, PAUD yang mengembangkan pendidikan berbasis kompetensi dan karakter melalui kegiatan bermain yang menyenangkan dan bermakna, Irene Puti Damayanti memberikan 4 tips yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mempersiapkan anak usia dini ikuti PTMT di tingkat Prasekolah, sebagai berikut. 

Yakinkan diri bahwa PTMT dapat memberikan pengalaman belajar yang positif untuk anak

Dalam hal ini, Rumah Main Cikal menyelenggarakan Pertemuan Tatap Muka Terbatas dengan harapan memberikan pengalaman belajar kepada anak dan dapat berinteraksi secara langsung/tatap muka dengan guru dan teman sekelas. 

“Mengingat selama pandemi di awal tahun 2020 hingga kurang lebih satu tahun, anak-anak sangat terbatas kegiatan bersosialisasinya yang mana kebutuhan itu salah satu aspek penting dalam perkembangan anak usia dini.” jelas Puti. 

Berikan gambaran mengenai PTMT melalui cerita, gambar atau video

Orang tua dapat menceritakan bahwa akan ada kegiatan yang menyenangkan, selain berjumpa dengan teman-teman sebaya dan juga guru. 

“Di PTMT Rumah Main Cikal, kami menghadirkan 4 kegiatan sederhana dan bermakna bagi anak-anak antara lain, kegiatan Pilih-pilih, Salam-salam, Kumpul-kumpul hingga Cerita-Cerita dan Lapor-Lapor yang berisi aktivitas bermakna bagi anak-anak usia dini.” tambah Puti.

Lakukan role play agar anak bisa mendapatkan gambaran PTMT 

Orang tua dapat memberikan gambaran kegiatan yang akan dilakukan anak di sekolah, baik itu mengikuti kegiatan nyanyi-nyanyi, olahraga bersama, permainan, eksperimen atau pun kegiatan pramembaca-pramenulis dengan tetap menggunakan masker dan menjaga jarak. 

Diskusi dengan guru kelas mengenai pendekatan yang tepat untuk proses adaptasi anak

“Dengan memperhitungkan kegiatan yang akan berjalan selama PTMT dan orang tua serta guru tahu kebutuhan dan kondisi anak, sehingga anak dapat dipersiapkan sedini mungkin untuk kesempatan mengikuti PTMT.” tutup Puti.


Penulis Redaksi
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore