Merasa Burn Out? Kenali Gejala dan Cara Menanggulanginya

Vallesca Souisa Rabu, 26 Januari 2022 12:00:01
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Ladies, pernahkah merasa lelah. Tapi bukan hanya lelah fisik saja,  secara mental dan emosional. Sampai-sampai rasanya stres. Ingin “paused” atau “stop” sesaat rasanya nggak bisa. Ini bikin rasa kelelahan jadi bertubi-tubi. Hati-hati, mungkin kamu sedang merasakan apa yang disebut dengan burnout. 

Burn out disebabkan oleh stress yang sudah berkepanjangan, karena tuntutan, tekanan pekerjaan yang terlalu tinggi, misalnya. Efek dari burnout sendiri sudah pasti membuat semangat menurun, produktivitas justru bisa jadi malah menurun. 

Ciri-cirinya ketika kamu mengalami burnout antara lain:  Merasa kelelahan berkepanjangan hingga tidur pun tak dapat meredakan rasa kelelahan itu. Kamu jadi emosian, dan sinis. Merasa tak berdaya dan terlalu banyak beban yang ditanggung sendiri. Produktivitas menurun. Mengalami gangguan tidur, baik itu susah tidur, atau tidur jadi berlebihan. Nafsu Makan menurun. Susah fokus, dan cenderung menghindari orang lain.  Lalu gimana cara mengatas burnout? 

• Olahraga
Olahraga bisa membantu mengatasi stress. Saat olahraga, tubuh mengeluarkan hormone endorphine, seperti rasa bahagia seperti saat jatuh cinta. Selain menyehatkan, membuat kita lebih rileks, dan kita bisa mendapat udara segar saat berolahraga. 

• Mencoba Untuk “Me Time”
Ketika sudah sibuk bekerja, kita terkadang jadi lupa memprioritaskan diri sendiri. Kadang, waktu menghibur diri sendiri nggak ada. Kerja sampai dini hari, pulang, masuk kamar lalu tidur, dan besok kembali bekerja lagi. Begitu terus. Ada saatnya, memang mengambil waktu untuk diri sendiri, di akhir pekan atau kapan pun, yang bikin happy! Lepaskan dulu sejenak bebanmu. 

• Mencoba Membuat Manajemen Waktu
Burnout timbul ketika pekerjaan datang bertubi-tubi, bertumpuk-tumpuk hingga menjadi bukit, yang bikin kepala rasanya ingin meledak.  Nah, mungkin saatnya perlu di atur, dipilah-pilah, dibagi menurut skala prioritas, dan pengaturan mengerjakannya disesuaikan dengan waktu. Buat daftar, dan mulai fokus satu per satu. 

• Mencoba Berbagi Cerita dengan Teman
Saat stress, beberapa orang justru terkadang malah memilih dari lingkungan. Ada perasaan bahwa, nggak semua orang benar-benar bisa mendengar, atau memahami tanpa menghakimi sendiri dari sudut pandang dia. Padahal, jangan sampai begini, juga. Ada saatnya memang kita harus mengeluarkan uneg-uneg. Ini bukan mengeluh, kok. INi hanya sekedar melepas, kesasakan sejenak, karena kita sudah terlalu “penuh”. Nggak semua hal harus diselesaikan sendiri juga.


Penulis Vallesca Souisa
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore