Penerapan Data Analytics dan Machine Learning di Perusahaan Nondigital, Mungkinkah?

Redaksi Jumat, 28 Januari 2022 02:00:34
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Mengawali 2022, Valiance tampil di lanskap bisnis Indonesia sebagai perusahaan konsultan machine learning. Sebagai informasi, Valiance adalah divisi konsultan dari Pacmann, sebuah akademi yang aktif menyebarluaskan pengetahuan mengenai industri data melalui program tanpa gelar untuk mereka yang ingin berkarier sebagai data scientist dan business intelligence atau data analyst. CEO dan Co-Founder Valiance, Adityo Sanjaya, menyebut solusi berbasis machine learning yang mereka kerjakan bersifat menyeluruh.

Proses bisnis solusi yang dimaksud mencakup analisis ketimpangan, akuisisi dan konstruksi data, pengembangan model, implementasi infrastruktur machine learning, hingga evaluasi dampak solusi terhadap bisnis. “Kami terbiasa merujuk pada research paper tentang machine learning. Kami pun selalu melibatkan subject matter expert di bidang industri terkait di dalam proses bisnis yang kami lalui,” ujar Adityo Sanjaya dalam konferensi pers virtual, Rabu (26/1/2022). Ia menilai, pengambilan keputusan berdasarkan intuisi kurang optimal.

Data-driven dapat menjadi kerangka kerja perusahaan untuk menurunkan business problem menjadi data problem, menguji hipotesis, lalu mengambil keputusan berbasis data. Berkaca pada pemikiran ini, Valiance selalu mengabari klien tentang tingkat kerumitan selama proses perumusan masalah, pembuatan solusi bisnis, dependensi infrastruktur, dan ekosistem terkait di dalamnya. Head of Mid-Market and Enterprise Greenfi AWS Indonesia, Anthony Amni, menyambut hangat adopsi data analytics dan machine learning di berbagai industri.

“Penerapan data analytics dan machine learning biasanya ada di startup karena mereka early adopters. Sekarang, perusahaan nondigital banyak mengadopsi sistem ini,” katanya. Valiance telah mengerjakan solusi machine learning di industri keuangan dan perbankan, logistik dan distribusi, media, ritel, pariwisata, agrikultur, dan otomotif. Latar belakang klien yang telah bekerja sama dengan Valiance meliputi perusahaan swasta, badan usaha milik negara, hingga kementerian atau lembaga pemerintah.


Penulis Redaksi
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore