Mengenal Teknologi Zero-Power Communication, Apa Itu?

Redaksi | 31 Januari 2022 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sudah jadi rahasia umum, teknologi komunikasi makin canggih. Berbagai riset dan kajian bergulir untuk memproyeksikan kemajuan teknologi di masa depan. Salah satunya, teknologi Zero-Power Communication yang diulas Oppo Research Institute. Dengan teknologi ini, kita tak perlu lagi menggunakan baterai. Zero-Power Communication menyerap energi ambient radio-frequency di lingkungan sekitar kita untuk menghasilkan daya, menjadikan perangkat lebih ringkas, efisien, sekaligus terjangkau.

Teknologi ini sangat bermanfaat jika dapat diterapkan pada perangkat yang sering dipakai seperti jam tangan pintar, rumah pintar, dan perangkat mutakhir lain termasuk untuk berbagai sektor industri. Kepala Ilmuwan 5G Oppo, Henry Tang, mengatakan, berawal dari teknologi analog menuju digital, data, dan pada akhirnya broadband. Masing-masing inovasi dirancang untuk menghadirkan transmisi data yang lebih cepat. Dekade berikutnya, dengan melihat perkembangan teknologi 5G ke depan, bukan tidak mungkin kecepatan transmisi data tak lagi jadi pendorong utama dalam inovasi teknologi telekomunikasi.

“Kami justru meyakini teknologi harus dikembangkan untuk menjadi lebih mudah dipakai dan lebih ramah lingkugan. Zero-Power Communications menghadirkan cara baru bagi produsen perangkat elektronik untuk tak lagi memakai baterai pada produknya, mengurangi biaya produksi, dan mengurangi dampak terhadap lingkungan. Karenanya, Zero-Power Communications salah satu fokus utama kami seiring perkembangan teknologi B5G/6G,” katanya lewat siaran pers yang kami terima pekan ini.

Oppo telah berhasil membangun sistem Zero-Power Communication-nya secara mandiri dan menunjukkan kelayakan konsep itu sebagai pendekatan yang dapat diterapkan dalam jaringan komunikasi masa depan. Sebelum peluncuran Zero-Power Communication White Paper, Oppo telah menerbitkan 6G AI-Cube Intelligent Networking White Paper dalam rangka mengembangkan teknologi komunikasi mutakhirnya.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait