5 Manfaat Sistem Absensi Kehadiran Karyawan Bagi Perusahaan

Infomercial | 25 Februari 2022 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sistem absensi kehadiran karyawan memungkinkan untuk mengelola ketidakhadiran karyawan di suatu perusahaan atau tempat kerja, sehingga biaya operasional dan juga keuangan dapat terkelola dengan baik. Sistem tersebut dapat mendukung anda untuk mencapai keseimbangan terbaik dalam memberikan dukungan bagi para karyawan dan operasional perusahaan anda. 

Salah satu sistem absensi kehadiran yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun adalah Talenta. Untuk mengaksesnya, Anda dapat klik tautan berikut: https://www.talenta.co/fitur/attendance-management/aplikasi-absensi-kehadiran-karyawan-online/

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari sistem absensi kehadiran karyawan pada suatu perusahaan yang perlu anda ketahui:

1. Dapat memantau dan mengukur tingkat kehadiran karyawan dengan mudah melalui sistem yang sudah terintegrasi. Karena pada umumnya sistem absensi kehadiran karyawan menyediakan absen dengan berbagai metode seperti absensi kehadiran online atau sidik jari yang sudah terintegrasi dengan sistem ataupun dengan cloud database.

2. Sistem manajemen absensi kehadiran karyawan yang dapat memberikan pandangan secara menyeluruh untuk memudahkan tugas seorang manajer untuk menyetujui atau menolak permintaan berdasarkan kebutuhan perusahaan, keahlian karyawan, kebijakan perusahaan, serta pertimbangan lainnya.

3. Dengan adanya sistem absensi kehadiran pada perusahaan atau tempat kerja, maka dapat mengurangi pekerjaan administratif tim HR. Hal ini dikarenakan absensi kehadiran online sudah dapat melakukan pencatatan waktu serta melakukan perhitungan dengan tepat secara otomatis.

4. Sistem absensi kehadiran online pada umumnya sudah memiliki layanan yang berbasis cloud. Yang artinya, seluruh data yang diterima pada aplikasi absensi kehadiran online akan tersimpan langsung di cloud, sehingga data dapat diakses dari manapun dan kapanpun. Selain itu, sistem cloud juga akan memungkinkan Anda untuk mengakses data secara real-time dan up-to-date. Dengan data yang akurat, maka Anda pun bisa mengambil keputusan yang strategis dengan lebih mudah.

5. Pada dasarnya, sistem aplikasi absensi kehadiran online bertujuan untuk membantu mempermudah atau mempersingkat proses yang tidak perlu sehingga dapat menghemat waktu lebih banyak. Tidak hanya terkait masalah absensi, tetapi juga hal-hal lainnya seperti pengajuan cuti, rekapitulasi data kehadiran, , payroll, dan lain sebagainya. Dengan begitu, anda dapat memanfaatkan waktu luang anda untuk melakukan hal-hal lain yang bersifat lebih produktif lagi. Kurang lebih seperti itulah manfaat sistem absensi kehadiran yang didapat oleh perusahaan.

Ada berbagai macam software absensi kehadiran yang mempunyai fitur beragam, seperti HRIS Talenta by Mekari dan software lainnya yang mempunyai berbagai fitur dan dapat membantu HR dalam mengelola administrasi karyawan yang lebih efisien. 

Apa itu Aplikasi atau Software Talenta?

Pernah dengar aplikasi yang memudahkan perusahaan dalam membuat jejaring karyawan seperti absen, gaji, cuti, payment dan lainnya? Maka aplikasi tersebut merupakan sebuah aplikasi software Talenta. Software talenta ini berada pada pelayanan Mekari guna memenuhi kebutuhan para pebisnis dan pengusaha dalam mengelola administrasi karyawan.

Software talenta ini mengedepankan sistem HRIS, sistem tersebut sudah sangat canggih serta adanya fitur yang menarik. Dalam penggunaan software ini memang tidak begitu rumit. Keberadaan aplikasi Talenta justru akan memudahkan penggunanya untuk segera menikmati layanan kontrol gratis.
Talenta juga memiliki beberapa sistem yang bisa memanfaatkan agar pengelolaan secara manajemen kerja karyawan bisa optimal. Pemanfaatan Software Talenta ini menandakan bahwa pengusaha atau pebisnis lebih siap menghadapi era digital dengan segala kemudahan. Biasanya, perusahaan menggunakan aplikasi atau software sesuai kebutuhan.
Cara Menggunakan Aplikasi Talenta
Ada beberapa hal yang penting ketika menggunakan Talenta sebagai aplikasi. Cara menggunakannya tentu dengan memberikan semangat tersendiri. Nantinya, karyawan bisa mudah menggunakannya via HP atau Laptop.
Menggunakan Talenta bisa dengan cara mendownload terlebih dahulu bisa dengan PC atau laptop. Kemudian lakukan login dalam aplikasi dan bersiap untuk memanfaatkan fitur yang ada pada aplikasi Talenta tersebut.
Fitur yang ada di Talenta sangat memudahkan penggunanya, baik sebagai karyawan maupun perusahaan dalam memperlancar aktivitas perusahaan terkait absensi, gaji dan fitur lainnya. Hal ini akan memberikan dampak positif serta fleksibilitas dalam pengelolaan karyawan secara menyeluruh.
Selanjutnya jika aplikasi tentang Talenta sudah ada baik via HP atau PC tinggal menggunakannya sesuai kebutuhan. Misalnya saja fitur request time off, fitur tersebut memudahkan karyawan untuk mengambil cuti. Buka aplikasi pilih request time off dan bisa tentukan jatah cuti misal sehari, setengah hari atau beberapa hari.
Talenta Attendance
Apa itu Talenta Attendance? software yang merupakan salah satu bagian dari produk Talenta. Pada Talenta Attendance untuk memberikan solusi kepada perusahaan atau pebisnis untuk pengelolaan karyawan. Baik karyawan dari usaha kecil atau menengah bisa juga dengan bidang retail, bisnis privat, makanan atau minuman serta pelayanan jasa.
Penggunaan aplikasi Attendance ini mampu mengatur absensi masuk, monitoring real time, jadwal shifting, hingga rekap kehadiran otomatis. Jadi keberadaan Talenta Attendance ini sangat memudahkan pebisnis atau pengusaha dalam pengoperasian jadwal karyawan, secara akurat, efisien, serta efektif.
Untuk bisa menggunakan Talenta Attendance secara gratis bisa dengan mengunduh di playstore untuk memaksimalkan kinerja. Jadi pengguna bisa lebih fleksibel serta melakukan kontroling dengan mudah serta lebih terjamin akurasinya. Oleh karena itu, saran selanjutnya untuk segera melakukan install aplikasi dan melakukan login secara pribadi.
Download Talenta for PC
Bagaimana memanfaatkan Talenta untuk PC, maka cobalah perhatikan beberapa tahapan bagaimana mendownload aplikasi tersebut untuk PC. Adapun cara melakukan dan tahapan saat harus install Talenta untuk PC, berikut ini:
1. Pastikan PC yang digunakan Sesuai
Untuk bisa menggunakan aplikasi dari Talenta secara maksimal maka bisa dengan memastikan PC yang sesuai. Agar nantinya aplikasi yang sudah terinstal memang cocok untuk jenis PC. Biasanya jenis PC juga berpengaruh pada aplikasi dan ada beberapa aplikasi yang tidak mau terinstal.
2. Pilih yang Sesuai dengan Windows yang Ada
Bagi pengguna windows, maka perhatikan jenisnya, seperti, windows 7, 8 ,9 atau 10 sehingga aplikasi dari Talenta bisa cocok menggunakannya. Keberadaan aplikasi Talenta ini memang sangat penting dalam menangani kelancaran kontrol bagi para pebisnis mikro dan lainnya. Pengelolaan karyawan tersebut bisa terjadi secara digital via Talenta.
3. Download Aplikasi Talenta untuk PC
Jika sudah menyesuaikan PC yang ada di software maka berikutnya tinggal download aplikasi tersebut. Aplikasi yang Talenta luncurkan gratis, memudahkan karyawan serta pemilik usaha untuk bisa melakukan kontrol yang lebih.
Harapannya dengan adanya software HRIS untuk PC semakin memudahkan pengguna baru untuk memanfaatkan fitur yang ada pada aplikasi. Beberapa fitur juga akan membantu karyawannya dalam absensi, bayar BPJS, juga tidak perlu repot harus ada laporan tertulis.
Dengan memanfaatkan software Talenta secara bermanfaat serta memberikan nilai positif. Para karyawan saat ini telah melakukan finger print via mobile dengan aplikasi bernama Talenta itu. Keberadaan software Talenta memang sangat tepat terpilih sebagai salah satu solusi teknologi modern berdasarkan request.


 

Penulis : Infomercial
Editor: Infomercial
Berita Terkait