Tips Memilih Program Akuntansi yang Sesuai dengan Kebutuhan Perusahaan

Infomercial | 4 Maret 2022 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setiap tahunnya, perkembangan teknologi informasi seolah tidak bisa dibatasi. Seperti halnya pada bidang komputer yang selalu mendapat inovasi, baik dari hardware maupun software, kali ini kita akan bahas tips program akuntansi.

Software ini merupakan jawaban untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dan para akuntan untuk mengelola data keuangan dengan lebih efisien.

Pengertian Program akuntansi

Program akuntansi adalah program aplikasi yang secara khusus dirancang untuk mengelola pencatatan transaksi usaha.

Program ini memang digunakan oleh para akuntan perusahaan sehingga data-data seputar transaksi bisa lebih mudah dikelola.

Beberapa data yang akan direkam oleh program ini diantaranya seperti data pembelian, penjualan, pembayaran gaji, laporan, dan data-data lainnya yang berhubungan dengan pelaporan keuangan perusahaan.

Program akuntansi sendiri memiliki berbagai fitur yang mana bisa dipilih sesuai kebutuhan. Karena software ini merupakan aplikasi berbayar yang tingkatan harganya berbeda-beda, bergantung pada seberapa kompleks program tersebut dalam menjalankan fungsinya.

Semakin banyak fungsi dan fitur yang ditawarkan, maka akan semakin mahal harganya. Sehingga Anda sebaiknya bijak dalam menentukan program software yang tepat untuk perusahaan.

Manfaat Software Akuntasi

1.    Meningkatkan Produktivitas Akuntan
Dengan adanya dukungan teknologi informasi berupa software accounting, maka kinerja akuntan juga akan lebih cepat.
Dalam kata lain, software ini mampu meningkatkan produktivitas karyawan yang pastinya akan berdampak positif bagi perusahaan.
Seperti misalnya ketika akuntan hendak mencatat laporan dalam buku, maka sekarang tidak perlu lagi menyiapkan buku-buku yang menumpuk. Karena semua itu akan dikelola secara otomatis dengan satu kali ‘klik’ lewat software accounting.

2.    Keamanan Data
Seluruh data pada perusahaan, mulai dari data karyawan, data keuangan, data penjualan dan riwayat transaksi adalah hal yang sangat penting dan tidak boleh tersebar ke publik yang tidak bersangkutan.
Oleh karena itu dengan menggunakan program accounting ini, seluruh data tersebut akan tersimpan ke dalam file server. Dan dalam mengaksesnya pun Anda memerlukan kode tersendiri sehingga data-data tersebut jauh lebih aman.

3.    Meminimalisir Biaya
Umumnya dalam satu perusahaan, apabila ingin mengelola data keuangan dengan baik, akan dibutuhkan lebih dari 3 orang akuntan. Hal itu pastinya cukup membebani perusahaan dari segi pembayaran gaji.
Namun dengan menggunakan software accounting, seluruh pekerjaan yang rumit itu bisa dikerjakan dengan lebih mudah.
Pendataan akan berjalan secara otomatis dan kinerja akuntan juga lebih minim, sehingga Anda bisa mempekerjakan satu atau dua akuntan saja.

4.    Proses Bisnis Lebih Mudah
Kesalahan dalam memasukkan data adalah hal yang paling dihindari dalam perusahaan. Walau terkesan remeh, tetapi kesalahan kecil seperti ini bisa membebai keberhasilan bisnis.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya menggunakan software accounting karena program ini akan mencatat data dengan valid dan sangat minim kesalahan.
Dengan pendataan yang tepat, produktivitas perusahaan pastinya akan meningkat. Dan penyerapan tenaga sumber daya manusia di perusahaan juga bisa dimaksimalkan untuk sektor lainnya.

Sehingga secara tidak langsung iklim organisasi perusahaan juga akan membaik dan hal ini sangatlah positif bagi kemajuan perusahaan.
Tips Memilih Program akuntansi

Apa saja hal yang harus Kamu perhatikan sebelum memilih program akuntansi? Setiap Software tentunya memiliki masing – masing keunggulan dari sisi fitur , modul, dan pelayanan yang diberikan .

Untuk mengoperasikan suatu software juga tidak lah mudah, dibutuhkan jangka waktu training yang tidak singkat, setelah melewati masa training perusahaan juga harus melakukan evaluasi, maintenance dan upgrade.

Semua itu tentunya sangat membuang waktu , tenaga dan tidak sedikit untuk mengeluarkan biaya tersebut. Oleh karena itu Kamu harus mengetahui software yang sesuai dengan skala bisnis Kamu sendiri. 

Yang harus Kamu ketahui program akuntansi tidak seperti Kamu membeli software lain, tidak hanya presentasi, penawaran harga, deal, instalasi , lalu langsung pakai.

Tetapi dibutuhkan training secara bertahap dan staff yang menggunakan software tersebut harus sudah mengerti flow dari software tersebut, jadi Kamu juga harus mempertimbangkan saat yang tepat untuk menggunakan program akuntansi.

Berikut tips yang bisa Kamu perhatikan untuk memilih:

1.    Keamanan Dari Software Tersebut
Di zaman yang canggih ini keamanan merupakan salah satu hal yang terpenting dalam memilih program akuntansi, di perusahaan manapun data harus menghasilkan informasi yang akurat dan juga harus aman dalam program akuntansi faktor keamanan sistem adalah yang terpenting. Oleh karena itu keamanan software merupakan hal yang terpenting yang harus dipertimbangkan.

2.    Fitur Dan Modul Yang Ditawarkan
Tips Program akuntansi selanjutnya memiliki banyak modul dan fitur, tapi apakah sudah sesuai dengan perusahaan Kamu pilih lah fitur dan modul yang menjadi prioritas untuk perusahaan Kamu, selain menghemat biaya yang dikeluarkan juga membuat yang Kamu beli tidak percuma ( tidak ada modul yang tidak terpakai )

3.    Latar Belakang Perusahaan atau Produsen
Mengapa penting mengetahui latar belakang dari perusahaan atau produsen dari software tersebut? Karena jika Kamu tahu latar belakang perusahaan atau produsen tersebut Kamu bisa lebih percaya saat membeli program akuntansi.
Tipsnya adalah pilihlah produsen yang berupa perusahaan dibanding perorangan, produsen yang berupa perusahaan memiliki visi dan misi yang jelas serta komitmen untuk berkembang.

Kedua lihat pengalaman dari produsen tersebut semakin lama usia dari produsen itu semakin banyak juga pengalaman akuntansi dan wawasannya juga tentu sudah luas mengenai program akuntansi selain itu tentunya produsen itu memiliki tenaga ahli yang berkompeten dibidangnya.

4.    Interface Design
Program akuntansi harus memiliki sisi user friendly, software tersebut harus mudah dipahami oleh enduser .

Yang terpenting adalah alur dan aliran proses kerja sistem mestilah mengikuti alur transaksi, alur dokumen, dan alur fisik opersional perusahaan secara keseluruhan sesuai dengan rancangan sistem pengendalian intern-nya.

5.    Support / Layanan
Tips program akuntansi terakhir yaitu after sales merupakan suatu kunci yang harus Kamu perhatikan, karena tentunya Kamu akan melakukan kesalahaan pada saat Kamu menggunakan program akuntansi

Pilihlah produsen yang memberikan service after sales terbaik, mau dengan support langsung ditempat atau support melalui telepon dengan cepat dan efektif.
Karena jika tidak ada layanan support pada saat program tersebut rusak atau Kamu melakukan kesalahan input yang tidak Kamu mengerti tentunya kerja Kamu akan terhenti karena sudah ketergantungan dengan software, hal tersebut membuang waktu Kamu yang berharga.

Program akuntansi Anda seharusnya membantu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah dan efisien, bukan sebaliknya.
Oleh sebab itu dibutuhkan berbagai alasan yang tepat mengapa Anda harus memilih software tersebut.

Di tengah banyaknya pilihan program akuntansi yang ditawarkan, Anda bisa menggunakan beberapa tips yang telah disebutkan tadi untuk mempertimbangkan mana yang menjadi pilihan.

Anda bisa menggunakan program akuntansi seperti Jurnal by Mekari, yang menyediakan berbagai fitur layanan yang cukup lengkap seperti perhitungan pajak otomatis, perhitungan keuangan, pengelolaan aset, audit terhadap data serta berbagai fitur lengkap lain yang dibutuhkan untuk sebuah software akuntasi yang baik.

Jurnal juga sangat cocok untuk berbagai skala perusahaan mulai dari kecil, menengah hingga besar karena memberi penawaran harga yang cukup bervariasi dan menarik. 
Penawaran ini akan membantu Anda untuk memilih software yang sesuai dengan tingkatan kebutuhan perusahaan Anda.
 

Penulis : Infomercial
Editor: Infomercial
Berita Terkait