3 Hobi Sederhana untuk Isi Waktu Senggang, Bisa Atasi Stres dan Bikin Badan Bugar

tabloidbintang.com Jumat, 11 Maret 2022 06:00:07
Ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Di masa pandemi Covid-19, jangan sepelekan hobi. Hobi bermanfaat menambah wawasan, menghilangkan penat, hingga meningkatkan kesehatan mental. Psikolog Dr. Rose Mini Agoes Salim M.Psi mengatakan, selama pandemi banyak orang menemukan hobi bahkan kegiatan baru yang bikin puas. Kepuasan itu membuat manusia lebih bahagia dan berenergi. Munculnya tren hobi baru adalah upaya mitigasi masyarakat dalam mengisi efek kekosongan kegiatan selama berada di rumah dan meminimalkan kontak.

“Secara umum, hobi bertujuan mengisi waktu luang dan mengurangi jenuh. Hobi apapun yang positif dapat menurunkan stres, meningkatkan kesehatan fisik juga kualitas tidur. Hobi jadi sarana memperluas koneksi sosial, meningkatkan kinerja dan produktivitas, serta menambah kebahagiaan,” kata Rose lewat siaran pers yang kami terima pekan ini. Ada tiga rekomendasi hobi yang bisa Anda lakukan di rumah saja. Pertama, rutin berolahraga di rumah untuk meningkatkan suasana hati dan mengurangi rasa cemas.

Olahraga juga meningkatkan produksi endorfin yang menghasilkan perasaan positif. Rose Mini menambahkan, olahraga di rumah memiliki manfaat setara dengan di sasana atau gym. “Kedua, mewarnai dan menggambar untuk menuangkan kreativitas, mengekspresikan diri serta melepaskan jenuh. Warna memiliki fungsi psikologis yang bisa memengaruhi perilaku manusia,” imbuhnya. Ketiga, menanam yang menuntut tubuh bergerak aktif sehingga akan membantu kita berkeringat sekaligus membakar kalori.

Kini, perlengkapan untuk tiga hobi di atas bisa dibeli di toko daring. Alat olahraga bisa didapat di Glove Fitness Gym dari SFIDN FITS Official Shop. Yang ingin bercocok tanam bisa ke Goland Official Shop. Anda yang hobi menggambar bisa ke Faber-Castell Official Shop dan Joyko Official Shop di Shopee. “Anda bisa merayakan hobi melalui kampanye 3.15 Hari Belanja Konsumen dari Shopee yang menyajikan aneka promosi. Ada gratis ongkir Rp 0, voucer toko 30 persen, hingga program murah lebay ekstra diskon 10 ribu,” urai Head of Brands Partnership and Digital Products Shopee Indonesia, Daniel Minardi.


Penulis tabloidbintang.com
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore