Manfaat Gargle di Era New Normal, Bersihkan Kuman Yang Bersarang di Tenggorok

tabloidbintang.com Rabu, 16 Maret 2022 03:30:42
Ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Gargle atau berkumur di pangkal tenggorok merupakan cara membersihkan kuman yang sudah masuk dari saluran pernapasan atas dan bersarang di tenggorok. Metode ini bermanfaat untuk menurunkan odds ratio demam pada anak, insidensi ISPA, hingga terbukti mencegah infeksi saluran napas atas akut. Ini diungkapkan Ketua Kelompok Studi Laring Faring Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorok Bedah Kepala Leher Indonesia (Perhati-KL), dr. Arie Cahyono, Sp.T.H.T.K.L.(K) dalam pelucuran virtual Kampanye Waktu Indonesia Gargle, Selasa (15/3/2022).

“Sejak pandemi, masyarakat Indonesia mulai mengenal gargle sebagai salah satu upaya menjaga kebersihan rongga mulut tapi masih banyak yang belum melakukannya secara benar dan rutin,” kata Arie. Padahal gargle penting dijadikan bagian perilaku sehari-hari. Di masa new normal, kebersihan saluran pernapasan bagian atas seperti hidung, mulut, dan tenggorok sangat penting untuk mencegah infeksi Covid-19. Kampanye nasional Waktu Indonesia Gargle bermaksud menjangkau masyarakat lebih luas untuk menyebarkan informasi cara dan pemilihan cairan gargle yang tepat untuk melindungi saluran pernapasan atas.

“Perhati-KL bangga jadi bagian kampanye nasional Waktu Indonesia Gargle dan berharap masyarakat makin paham kebaikan rutin ber-gargle. Kebiasaan ini merupakan investasi besar bagi kesehatan sehari-hari,” ungkap Ketua PP Perhati-KL, Prof. Dr. dr. Jenny Bashiruddin, Sp.T.H.T.K.L.(K). Kampanye ini bentuk komitmen Mundipharma Indonesia dan bagian dari Nota Kesepahaman Peningkatan Upaya Promotif dan Preventif dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Sehat bersama Kementerian Kesehatan RI.

Nota Kesepahaman ini meliputi edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat periode Desember 2021 sampai Desember 2025. “Melalui kampanye ini, kami berharap masyarakat Indonesia dapat melakukan gargle dengan baik dan benar agar memperoleh manfaat yang optimal,” ujar Head of Marketing PT Mundipharma Healthcare Indonesia, Adi Prabowo.


Penulis tabloidbintang.com
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore