Vakum 2 Tahun, INACRAFT 2022 Mulai Dibuka Hari Ini Gratis

Supriyanto | 23 Maret 2022 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sempat vakum dua tahun, pameran industri kerajinan terbesar di Asia Tenggara, International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) dibuka lagi mulai 23 Maret hingga 27 Maret 2022 di Balai Sidang Senayan di Jakarta.

Mengusung tema Smiling Heritage of West Java; From Smart Village to Global Market, INACRAFT 2022 dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pagi hari ini Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) Tahun 2022 secara resmi saya buka,” kata Jokowi, dalam pembukaan INACRAFT Tahun 2022, Rabu (23/3).

Kembali digelarnya INACRAFT 2022, Jokowi mengajak masyarakat untuk mencintai hasil kerajinan lokal, terutama produk yang akan memajukan perekonomian para pengrajin serta UMKM.

Ajang INACRAfT 2022 digagas Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia yang dilaksanakan pertama kali pada April 1999.

Sebanyak 722 peserta hadir dalam pameran ini, terdiri dari 510 peserta individu, 169 peserta binaan dinas, dan 43 peserta binaan BUMN Kemudian, terdapat 150 merchant stores untuk masing-masing kegiatan daring.

Ketua Asosiasi Eksportir & Produsen Handicraft Indonesia, Muchsin Ridjan, berharap, INACRAFT tahun ini dapat membantu meningkatkan ekonomi baik secara online.

"Tidak bisa dimungkiri permintaan hasil produksi UMKM kita menurun drastis, khususnya untuk internasional selama masa pandemi ini, jadi saya harap gelaran INACRAFT 2022 bisa memberikan dampak kebangkitan bagi para eksportir," uhar Muchsin Ridjan saat konferensi pers pada Selasa(22/3).

Sebagai pameran industri kerajinan terbesar di Asia Tenggara, INACRAFT menjadi salah satu pameran yang selalu dinanti oleh para penggiat dan peminat produk kerajinan dalam negeri.

Kehadiran pameran itu dinilai menjadi primadona bagi pengrajin dan pengusaha kriya serta paling ditunggu para pembeli atau peminat handicraft luar negeri yang tentunya akan berdampak naiknya ekspor kerajinan tangan UMKM. Berbagai kerajinan menarik seperti keramik, anyaman, kaca, sepatu, tas, dan aneka perhiasan dipajang di acara tersebut.

(pri)

 

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait