5 Minuman Ini Berkhasiat Menurunkan Kolesterol, Patut Dicoba!

Binsar Hutapea | 11 April 2022 | 18:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kolesterol tinggi bisa memunculkan komplikasi kesehatan yang bisa berakibat fatal seperti penyakit kardiovaskular, tekanan darah tinggi, stroke, dan juga diabetes. Banyak ahli juga mengaitkan kolesterol tinggi dengan disfungsi ereksi.

Karenanya sangat dianjurkan untuk mengatur kadar kolesterol dalam tubuh segera setelah seseorang diketahui memiliki kadar kolesterol tinggi.

Berikut adalah beberapa minuman yang mudah dibuat yang berkhasiat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi seperti diungkap portal Indiantimes.

1. Susu gandum

Sesuai studi penelitian, susu oat membantu dalam pengurangan kolesterol yang konsisten. Meskipun gandum membantu dalam mengelola kolesterol, susu gandum ternyata lebih efektif.

Penjelasan lain mengapa gandum berguna untuk pasien kolesterol tinggi adalah karena mengandung beta-glucan, yang membantu menciptakan zat seperti gel di usus yang selanjutnya berinteraksi dengan empedu dan membatasi penyerapan kolesterol. Satu cangkir susu oat dikatakan mengandung 1,3 gram beta-glucan. Disarankan untuk mengonsumsi 3 gram beta glukan per hari untuk menjaga kolesterol tinggi tetap terkendali.

2. Teh hijau

Kandungan antioksidan katekin yang ada dalam teh hijau diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Satu cangkir teh hijau memiliki lebih dari 50 mg katekin.

Teh hijau disebut dapat menurunkan kadar lipoprotein densitas rendah dalam kolesterol hingga 16 persen jika dikonsumsi secara teratur selama 12 minggu. Sebuah studi penelitian berdasarkan hal ini, mengungkapkan bahwa 240 orang yang mengonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak teh hijau dan hitam selama 12 minggu mengalami penurunan kolesterol sebesar 16 persen.

3. Susu kedelai

Kedelai memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih rendah, menjadikannya pilihan makanan yang ideal bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi. Untuk mengelola kolesterol tinggi dan sebagai alternatif yang lebih sehat untuk produk susu tinggi lemak, seseorang dapat beralih ke susu kedelai dan krim. Efek protein kedelai juga telah terbukti secara ilmiah bermanfaat bagi mereka yang menderita penyakit jantung.

4. Jus tomat

Likopen yang ada dalam tomat diketahui dapat meningkatkan kadar lipid dalam tubuh dan menurunkan kadar lipoprotein densitas rendah dalam kolesterol. Sesuai sebuah studi penelitian menyebutkan: "asupan makanan yang tinggi dari produk tomat memiliki efek ateroprotektif, secara signifikan mengurangi kadar kolesterol LDL, dan meningkatkan resistensi LDL terhadap oksidasi pada orang dewasa dengan kolesterolemik normal yang sehat."

5. ​Minuman kaya sterol dan stanol

Minuman kaya sterol dan stanol Sterol dan stanol adalah senyawa nabati yang secara struktural mirip dengan kolesterol. Ini diserap dalam tubuh dan bukannya menumpuk seperti kolesterol biasa, mereka dikeluarkan dari tubuh sebagai limbah. Untuk menurunkan kolesterol seseorang membutuhkan minimal 2 gram sterol dan stanol setiap hari. Tetapi tanaman tidak memiliki sterol dan stanol dalam jumlah besar. Karena itu, The American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang diperkaya sterol dan stanol untuk melawan kolesterol tinggi.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait