Cara Ampuh Menghilangkan Komedo di Hidung

tabloidbintang.com Selasa, 12 April 2022 05:30:09
Ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Permasalahan komedo ini tidak hanya sering dialami oleh wanita. Pria pun juga memiliki permasalahan yang sama. Komedo ini sendiri terbentuk saat minyak pada tubuh dan sel kulit mati menumpuk dan menyebabkan adanya penyumbatan pori-pori. 

Komedo sebenarnya tidak hanya ada pada bagian wajah saja, tetapi juga pada bagian lain pada tubuh seperti, bahu, dada, lengan, maupun punggung. Jika tidak dibersihkan, komedo ini berpotensi akan menjadi jerawat. Tentunya, Anda tidak ingin wajah Anda dipenuhi oleh jerawat bukan?

Komedo yang muncul pada wajah biasanya akan mengganggu penampilan dan juga menimbulkan rasa tidak nyaman. Jika kondisi ini terus menerus berlangsung padahal Anda sudah menggunakan produk yang dapat mengurangi komedo, berarti Anda harus segera konsultasikan hal tersebut kepada dokter. Agar tidak membuang banyak waktu, Anda bisa konsultasikan secara online keluhan Anda mengenai komedo tersebut pada dokter kulit.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan komedo di hidung tanpa harus ke dokter terlebih dahulu? Simak penjelasannya berikut ini!

1.    Cuci muka secara teratur

Mencuci muka secara teratur dapat mengurangi dan mencegah kotoran maupun minyak menumpuk pada pori-pori. Cuci muka sebaiknya dilakukan minimal sebanyak 2 kali dalam sehari, yaitu pada saat pagi dan malam hari. 

Jika Anda melakukan aktivitas di luar rumah, sebaiknya Anda kembali mencuci muka. Namun, terlalu sering mencuci muka juga tidak berdampak baik bagi kulit wajah. 

Mencuci muka terlalu sering akan membuat lapisan kulit menipis dan menjadi kering. Sehingga, produksi minyak alami pada wajah akan semakin banyak. Produksi minyak yang berlebihan tentunya akan menyebabkan banyaknya komedo pula.

Tidak lupa untuk menggunakan produk pembersih muka yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Sehingga, kulitmu terhindar dari iritasi. 

2.    Lakukan eksfoliasi menggunakan chemical exfoliator

Mengeksfoliasi kulit wajah dapat dilakukan dengan melakukan chemical exfoliation. Chemical Exfoliation ini sendiri merupakan proses pengangkatan kulit mati dengan menggunakan bahan kimia yang dapat meresap ke dalam kulit. 

Contoh chemical exfoliation yang paling umum ditemukan saat ini adalah AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acids). Kedua bahan kimia ini dapat membantu dalam regenerasi sel kulit baru dan mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah Anda. Selain itu, kedua bahan ini juga dapat mencerahkan kulit serta mencegah adanya penumpukan sel kulit mati pada wajah.

Namun, penggunaan AHA dan BHA ini akan membuat kulit Anda menjadi tipis. Hal ini membuat kulit menjadi lebih rentan jika terpapar sinar UVA dan UVB. Jika Anda menggunakan produk perawatan wajah atau skincare berbahan dasar AHA ataupun BHA, Anda tidak boleh lupa untuk menggunakan tabir surya saat keluar rumah. Atau, Anda juga bisa menggunakan produk tersebut saat malam hari. 

3.    Pilih produk kecantikan maupun perawatan wajah non-komedogenik

Teknologi dalam menciptakan produk-produk kecantikan saat ini sudah sangat canggih. Dengan kecanggihan ini, Anda akan lebih mudah dalam memilih produk yang cocok dengan kondisi permasalahan kulit Anda. 

Salah satunya dengan memilih produk-produk yang memiliki klaim non-komedogenik. Produk-produk dengan klaim non-komedogenik ini sudah banyak beredar di pasaran. Sehingga, jika Anda memiliki masalah komedo berlebih terutama pada bagian hidung, pilihlah produk yang non-komedogenik. 

4.    Lakukan physical exfoliate

Kalau tadi sudah dibahas mengenai chemical exfoliate, sekarang waktunya membahas physical exfoliate. Physical exfoliate ini sebenarnya sudah biasa kita lakukan. Contohnya yaitu dengan menggunakan scrub untuk mengeksfoliasi wajah dari luar.

Jika Anda tidak ingin melakukan eksfoliasi menggunakan bahan kimia atau chemical exfoliate, cara ini menjadi salah satu alternatif untuk mengangkat sel kulit mati dan mengurangi komedo di wajah Anda. 

Perlu diperhatikan untuk penggunaan scrub itu sendiri. Anda harus memiliki scrub dengan butiran yang halus agar tidak membuat wajah Anda menjadi iritasi. Lakukan eksfoliasi ini 1-2 kali dalam seminggu secara rutin. 

5.    Menjaga kebersihan wajah

Menjaga kebersihan wajah tentunya tidak cukup hanya dengan mencuci wajah dengan sabun pencuci muka. Pernahkah Anda mendengar istilah double cleansing? double cleansing ini sendiri merupakan teknik membersihkan wajah dengan dua tahap. 
Pada tahap yang pertama, Anda bisa membersihkan sunscreen maupun makeup Anda dengan menggunakan pembersih wajah yang berbahan dasar susu (milk cleanser), minyak (cleansing oil), maupun berbahan dasar air (micellar water). Tahap ini guna membersihkan sunscreen maupun makeup yang menempel pada wajah Anda selama seharian.

Tahap kedua, Anda baru mencuci muka dengan menggunakan sabun pembersih wajah. Gunakan sabun yang memiliki busa yang lembut agar proses pembersihan sisa-sisa makeup maupun sunscreen dapat dibersihkan secara efektif oleh busa tersebut.

6.    Menggunakan produk berbahan tea tree oil

Sudah menjadi rahasia umum jika tea tree oil merupakan salah satu bahan yang ampuh untuk menghilangkan komedo dan juga jerawat pada wajah. Banyak sekali manfaat dari tea tree oil ini seperti mengempeskan jerawat, membuka kelenjar minyak yang tersumbat, membersihkan minyak yang berlebih pada wajah, hingga mengeringkan komedo.

Manfaat tersebut dapat Anda rasakan jika menggunakan produk yang memiliki bahan tea tree oil. Gunakan produk berbahan tea tree oil hanya pada bagian yang berkomedo saja agar kulit Anda tidak iritasi atau malah menjadi kering. 

Demikian beberapa cara menghilangkan komedo di hidung yang bisa Anda coba. Mengatasi komedo memang diperlukan ketelatenan karena komedo ini cepat sekali untuk datang kembali. Jika cara tersebut tidak memberikan efek yang signifikan pada wajah Anda, jangan lupa untuk mengkonsultasikannya ke dokter.
 


Penulis tabloidbintang.com
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore